Iklan
ilustrasi

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan kehadiran bayi di tengah-tengah kehidupan Anda:

Iklan

1. Menurunkan tekanan darah Anda
Sebuah penelitian baru dari Universitas Brigham Young menemukan bahwa menjadi orang tua dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah Anda. Peneliti mengkaji 200 pasangan yang telah menikah untuk memantau tekanan darah selama 24 jam. Hasilnya, ditemukan bahwa pasangan yang memiliki anak, tekanan darahnya akan jauh lebih rendah daripada mereka yang tidak memiliki keturunan.

2. Kesehatan Mental
Menurut kepercayaan yang tumbuh di masyarakat saat ini, anak-anak sering membuat orang tua menjadi stres karena perilaku nakal mereka. Namun, hasil penelitian di Mental Health Foundation, Taiwan, menunjukkan keberadaan orangtua si anak hanya akan membuatnya terlihat lebih sehat secara mental. Sebuah organisasi baru telah mewawancarai 1084 keluarga yang dipilih secara acak, dan menemukan bahwa kesehatan mental keluarga tanpa anak-anak 6,4 poin lebih rendah daripada mereka yang memiliki anak.

“Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang memiliki anak lebih bahagia dan memiliki kepuasan emosional yang lebih besar daripada mereka yang tidak memiliki anak,” kata Tom Yang, seorang peneliti studi.

3. Memperbarui pengetahuan
Siapa pun yang memiliki anak dapat membuktikan bahwa kata-kata yang sering dibicarakan anak adalah “mengapa.” Anak-anak pada dasarnya selalu memiliki rasa ingin tahu yang besar, seperti, “Mengapa mata kucing bersinar di malam hari?” “Mengapa bau begitu segar setelah hujan,” dan seterusnya.

Sebagai orang tua, Anda tentu saja dapat menjawab pertanyaan apa pun yang diajukan si kecil dengan jawaban yang masuk akal. Secara tidak langsung, Anda telah diarahkan untuk memoles pengetahuan mereka dengan mempelajari kembali sesuatu.

4. Anak sebagai alasan
Banyak pria lajang yang sering mengeluh bahwa teman-teman mereka yang sudah menikah dan memiliki anak sangat sulit untuk diajak nongkrong. Ini terjadi karena kebanyakan orang tua menggunakan anak-anak mereka sebagai alasan untuk menghindar dari kegiatan sosial yang tidak diinginkan.

5. Meningkatkan harga diri
Siapa pun yang memiliki anak akan merasa bangga dan puas ketika putranya memberikan pidato positif, misalnya, “Kamu adalah ayah terbaik di seluruh dunia”. Keterangan seperti ini tentu saja akan memiliki efek besar pada harga diri Anda sebagai orang tua. Ini memungkinkan Anda untuk menyelesaikan semua bentuk pekerjaan, yang menurut perkiraan Anda sebelumnya tidak mungkin, mungkin.

6. Lebih bahagia
Orang tua sudah lama berasumsi bahwa keturunan akan membuat mereka lebih bahagia. Baru-baru ini, ada penelitian yang mendukung klaim tersebut. Sebuah studi oleh Max Planck Institute for Demographic menemukan korelasi langsung antara kehadiran anak-anak dan kebahagiaan orang tua di atas usia 40 tahun.
Para peneliti mensurvei 200.000 orang di 86 negara antara 1981 dan 2005 dan menemukan bahwa pada usia 40, orang tua dengan 1-3 anak merasa jauh lebih bahagia daripada pasangan yang tidak memiliki anak. Bahkan ketika usia 50 tahun, orang tua yang memiliki anak akan lebih bahagia daripada pasangan tanpa anak. Temuan ini tidak mengherankan. Pasalnya, kebanyakan orang tua akan lebih mudah merawat anak ketika mereka besar nanti. (*)