foto: acne.com

Jerawat adalah salah satu musuh yang paling dibenci oleh semua orang, terutama wanita. Jerawat tidak termasuk penyakit berbahaya. Tetapi keberadaannya sangat mengganggu, meskipun jerawat tidak berbahaya tetapi harus kita perlakukan dan tangani dengan baik.

Jerawat disebabkan oleh pori-pori tersumbat karena kelenjar minyak yang terlalu aktif. Meski banyak ahli medis yang membantah adanya hubungan antara jerawat dengan makanan yang kita makan, tidak ada salahnya menghindari beberapa makanan yang konon bisa memicu jerawat.

Berikut beberapa makanan yang bisa menyebabkan jerawat:

1. Gula dan Cokelat
Cokelat bisa menjadi salah satu pemicu jerawat makanan yang paling. Archives of Dermatology menerbitkan sebuah studi yang menjelaskan bahwa makanan memiliki skala Glycemic Index yang tinggi, biasanya dalam karbohidrat olahan seperti gula dapat menyebabkan munculnya jerawat karena peningkatan kadar hormon.

2. Susu
Beberapa penelitian menunjukkan asupan susu yang tinggi dapat dikaitkan dengan munculnya jerawat. Sebuah penelitian di Harvard menemukan bahwa remaja yang minum susu lebih dari dua porsi sehari lebih cenderung menderita jerawat parah. Itu karena peningkatan hormon pertumbuhan yang menyebabkan kelenjar sebasea di kulit menjadi tersumbat.

3. Yodium
Yodium dapat menjadi salah satu faktor dalam munculnya jerawat, seperti kelenjar minyak kulit yang dapat mengiritasi kulit yang rentan terhadap jerawat. Yodium dapat ditemukan pada ikan dan kerang karena air laut mengandung yodium. Selain itu sumber lain berasal dari garam beryodium yang merupakan komponen dari beberapa jenis makanan kaleng.

4. Kafein dan Alkohol
Kafein dianggap dapat memicu munculnya jerawat karena dapat mempengaruhi tingkat hormon yang diproduksi oleh tubuh. Beberapa sumber kafein adalah kopi, teh, minuman ringan, dan cokelat. Selain itu, alkohol juga menyebabkan peningkatan hormon, khususnya testosteron yang dapat menyebabkan jerawat lebih sering.

5. pemicu alergi makanan
masalah kulit sering muncul karena alergi makanan, terutama susu dan telur. jerawat muncul karena sistem kekebalan mencoba melawan racun yang dirasakan. seorang ahli alergi telah mendiagnosis dan mengkonfirmaasi hubungan alergi makanan dengan jerawat yang parah.

6. buah dan sayur asam
beberapa buah dan sayuran yang bersifat asam dapat menyebabkan munculnya jerawat, seperti wortel, mentimun, jeruk, dan selada. keasaman tubuh dapat menyebabkan munculnya jerawat, karena itu harus dihindari. (*)

Respon Anda?

komentar