ilustrasi

batampos.co.id – Setelah menempuh perjalanan lebih kurang delapan jam dari Madinah akhirnya Kloter 6 tiba di Makkah pukul 12.00 WAS kemarin. “Kedatangan Jamaah Calon Haji (JCH) yang berjumlah 445 itu disambut oleh Panitia Penyelenggara Haji (PPIH) Arab Saudi yang bertugas di wilayah Rei Bakhsy Mekkah,” ujar PPIH Embarkasi Batam, Syahbudi, Minggu (5/8).

Informasi yang didapat dari Ketua Kloter 6, Agus Saputra Amir, PPIH Arab Saudi memberikan kesempatan untuk melaksanakan umrah (tawaf, sai dan tahalul) di Masjidil Haram. Melalui kesepakatan bersama akhirnya JCH memutuskan untuk memulai melaksanan umrah pukul 20.30 WAS dengan berjalan kaki yang jaraknya sekitar 900 meter dari hotel ke Masjidil Haram.

Dari laporan yang didapat hampir semua JCH melaksanakan umrah, termasuk 21 orang yang menggunakan kursi dorong, kecuali JCH yang haid. JCH yang haid baru melaksanakan umrahnya beberapa hari ke depan setelah dalam keadaan suci. Selama di Makkah JCH Kloter 6 menempati Hotel Syurfah Makkah di wilayah Rei Bakhsy Maktab 41 Sektor 08 Nomor Rumah 815.
Terpisah PPIH Embarkasi Batam juga mendapatkan laporan dari Ketua Kloter 1, H. Mustafa, yang saat ini sedang mengurus penggabungan 4 JCH asal Natuna dan Lingga yang sempat tertunda keberangkatannya dan bergabung dengan Kloter 4 asal Riau.

Mereka adalah Ayub Abdullah asal Natuna ditunda karena sakit, Satih Hamid Muhammad asal Natuna pendamping Ayub Abdullah, Ngatimin Sumardi Kamdi asal Lingga karena sakit dan Nur Rahmawati asal Lingga yang merupakan pendamping dari Ngatimin.

“Selanjutnya keempat JCH tersebut diberangkatkan ke tanah suci bergabung bersama Kloter 4 asal Riau,” jelasnya. (rng)

Advertisement
loading...