Calon jamaah Haji kloter ke tujuh berjalan menuju pesawat di Bandara Hang Nadim, Sabtu (28/7). kloter ke tujuh ini yang diberangkatkan sebanyak 450 ribu calon haji. F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Sebanyak 177 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kota Batam diberangkatkan ke Tanah Suci, Selasa (7/8). JCH Batam ini tergabung di Kelompok Terbang (Kloter) 19 Embarkasi Batam. Mereka bergabung bersama 202 JCH asal Karimun dan 66 JCH Bintan.

“CJH asal Batam tergabung di kloter 19 Embarkasi Batam,” ujar Sekretaris PPIH Embarkasi Batam, Subadi, Senin (6/8).

Diakuinya, 177 JCH Batam sudah masuk di Asrama Haji Batam sekitar pukul 08.00 WIB. Mereka tiba dengan bus. Disusul JCH Bintan lewat jalur laut sekitar pukul 09.30 WIB dan 202 JCH Karimun sekitar pukul 10.45 WIB via laut menggunakan Kapal Dumailine.

Sebelum diterbangkan, JCH akan bermalam di asrama haji. Mereka akan mendapat pembengkalaian sekaligus melengkapi persyaratan ke Tanah Suci, mulai dari melakukan pelunasan biaya, pemeriksaan kesehatan, manasik, dan pembuatan paspor.

“Termasuk juga rekam biometrik,” tutur dia.

Proses rekam data biometrik di embarkasi merupakan upaya layanan untuk kenyamanan JCH. Mengingat penyelenggaraan haji tahun-tahun sebelumnya proses biometrik memakan waktu hingga tujuh jam di Embarkasi Madinah dan Jeddah.

JCH juga menjalani pemeriksaan kesehatan tahap akhir, menerima paspor haji, gelang, dana living cost sebesar SAR 1.500, dana penggantian biaya paspor. “Untuk pelepasan jamaah kita belum dapat informasi. Apakah wali kota Batam atau gubernur Kepri,” jelas dia.

Hingga saat ini 17 kloter Embarkasi Batam sudah berada di tanah susi. Sementara kloter 18 masih di perjalanan menuju Jeddah.
(rng)

Respon Anda?

komentar