Jumat, 19 April 2024

Dinkes Pemko Batam Tetap Lanjutkan Vaksin MR

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam tetap melanjutkan pemberian vaksin measles dan rubella (MR) pasca permintaan Majelis Ulama Indonesia MUI) menunda pemberian vaksin.

Kepala Dinkes Batam, Didi Kusmardjadi mengatakan pembarian vaksin tetap berjalan seperti biasanya. Seluruh tim yang ada di 19 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) tetap mengunjungi sekolah-sekolah untuk pemberian vaksin.

“Kita tetap jalan,” kata Didi, Senin (6/8).

Ia menjelaskan sebagai pemerintah, pihaknya tetap menjalankan arahan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menyukseskan pemberian vaksin MR ini.

“Hingga saat ini tak ada perintah untuk menghentikan pemberian vaksin ini. Jadi kami akan tetap jalan terus,” ujarnya.

Saat ini pencapaian pemberian vaksin sudah mencapai 14 persen dari total target 381.654 sasaran dari usia 9 bulan hingga 15 tahun.

Didi melanjutkan, hingga saat ini belum ada surat resmi yang diterimanya dari sekolah terkait penolakan vaksin MR ini.

“Yang menolak itu orangtua. Selama pemberian beberapa anak memang tidak masuk demi menghindari pemberian vaksin ini. Kita tak bisa paksa juga, itu dikembalikan kepada masing-masing orangtua,” ujarnya.

Pria yang berprofesi sebagai dokter kandungan ini menambahkan, pemberian vaksin juga tetap berlangsung di tingka provinsi. Hingga kini semua petugas masih berjalan sesuai dengan arahan.

“Provinsi juga tetap jalan, jadi tak ada alasan kami menunda pemberian vaksin MR ini,” ungkapnya.(yui)

Update