Sabtu, 20 April 2024

Enam Bus Trans Batam Dikandangkan

Berita Terkait

Penumpang bus Trans Batam
F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Hinga saat ini jumlah bus trans Batam yang dioperasikan Dishub Batam 57 unit. Tetapi enam di antaranya sudah tidak bisa beroperasi karena rusak parah.

“Jadi ada sekitar 6 unit bus yang memang sudah tak bisa jalan. Itu bus di pengadaan tahun 2005 dan 2006 lalu,” kata kepala UPT trans Batam, Cipto, Senin (6/8).

Selain itu, tujuh unit bus trans Batam terpaksa dibuat jadi bus cadangan karena kondisi kurang bagus dan modelnya yang sudah ketinggalan.

“Kalau yang cadangan masih layak jalan. Tapi memang kita akui, modelnya model bus lama. Jadi kalau ada bus yang rusak, itu yang kita gunakan. Tidak jalan setiap hari,” katanya

Dengan kondisi tersebut, masih banyak rute yang kekurang bus trans Batam. Ia berharap, permintaan hibah dari kementerian perhubungan bisa segera dipenuhi.

“Dalam proposal kita minta 30 unit dari pusat. Kita berharap itu bisa kita didapatkan,” katanya.

Sementara itu, anggota komisi III DPRD Kota Batam, Werton Panggabean meminta Dishub Batam untuk terus mengawal proposal yang sudah disampaikan ke pusat. Harapannya, ada penambahan unit bus tahun ini.

“Harus dikawal terus. Kalau memang tidak bisa 30 unit paling tidak, 20 atau 15 unit. Kalau mengandalkan pengadaan dari APBD agak sulit karena terbatasnya anggaran,” katanya.

Menurutnya, kebutuhan akan trans Batam cukup besar. Di mana masyarakat sdah semakin banyak yang menggunakan jasa trans Batam. (ian)

Update