Gimana, emang beber-beber rame kan?! Festival Pasar Rame senantiasa dipadati pengunjung.
foto: immanuel Sebayang / batampos

batampos.co.id – Ratusan pengunjung padati Pasar Rame V yang digelar di City Walk Sudirman Square Imperium Superblock, Batam, akhir pekan kemarin.

Acara yang berlangsung selama dua hari, Sabtu hingga Minggu (4-5 Agustus) itu, diramaikan 176 peserta UMKM yang ada di Batam. Umumnya mereka pedagang retail online yang sering mengandalkan event bazaar dan pasar murah di Batam.

Beragam produk dan layanan jasa hadir di Pasar Rame V. Dari produk fashion, kuliner, elektronik, sayur mayur, sepatu, parfum hingga jasa biro perjalanan dan wisata. Tak hanya itu, beberapa komunitas hobi juga turut meramaikan acara.

GM Sudirman Square William, menjelaskan acara Pasar Rame V merupakan kerjasama pihak EO Sama Dengan Production, yang dimaksudkan guna mendukung semangat UMKM dan enterpreneur muda di Batam.

“Kita sangat mendukung para pelaku UMKM dan enterpreneur muda di Batam. Dengan acara seperti ini, paling tidak dapat menggairahkan kembali iklim ekonomi di Batam, khususnya ekonomi menengah ke bawah,” jelas William di sela-sela acara.

Dikatakan pria ramah itu, membludaknya pengunjung, didukung dengan akses jalan dari perumahan Orchid yang baru saja dibuka. Sehingga masyarakat sekitar Batam Center, lebih mudah menjangkau lokasi Imperium Superblock.

Selain akses yang lebih mudah, keramaian Pasar Rame V pekan lalu, umumnya dikunjungi jemaat Tiberias dan pemilik apartemen Victoria.

“Saya tahu informasinya dari koran Batam Pos. Awalnya penasaran dengan Pasar Rame V di Imperium. Jadi sambil mengunjungi keluarga, saya menyempatkan diri untuk melihat keramaian di tempat ini,” jelas Michael, salah satu pengunjung asal Singapura.

Beragam aneka jajanan pasar, produk rumah tangga dan fashion, digelar di Pasar Rame V. Yang tak kalah menarik adalah kehadiran komunitas Reptile Age Batam. Menempati stand di sayap kanan Superblock, Reptile Age Batam, memamerkan hewan reptil seperti ular boa, python albino, tarantulla, iguana dan beberapa jenis spesies ular lainnya.

Meski beberapa pengunjung terlihat takut, namun banyak juga pengunjung yang memanfaatkan kehadiran hewan reptil ini untuk berswafoto.

“Reptile Age Batam lebih kepada edukasi. Melalui interaksi dengan pengunjung, kita berharap masyarakat jadi paham, bahwa tak semua reptil itu buas. Artinya, tergantung penanganan kita,” jelas Eka, salah satu pengurus Reptile Age Batam.

Meski berlangsung hanya dua hari, namun animo masyarakat cukup tinggi dengan kehadiran Pasar Rame V. ini dapat dilihat dari area parkir yang dipadati kendaraan pengunjung. Tak hanya pengunjung, peserta juga berharap agar kegiatan ini dapat digelar secara rutin.

“Kegiatan ini sangat bagus. Tapi kalau bisa waktunya diperpanjang. Semoga panitia bisa mempertimbangkannya kembali,” ujar Ridwan, salah satu peserta Pasar Rame V. Salah seorang pengunjung, Melly, malah menawarkan agar Pasar Rame tersebut bersifat permanen.

“Jangan hanya musiman, kalau bisa permanen. Dengan demikian, kami warga sekitar Imperium Superblock, sangat terhibur dengan kehadiran pasar di lokasi ini,” ujar warga Orchid itu, lantas tersenyum. (wel/adv)

Respon Anda?

komentar