Jemaah calon haji bersalaman dengan keluarga dan warga yang melepas keberangakatan mereka menuju Embarkasi Batam, kemarin. F. Tri Haryono/batampos.co.id

batampos.co.id – Bupati Karimun Aunur Rafiq didampingi Wakil Bupati Anwar Hasyim melepas keberangan jemaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Karimun, Senin (6/8) menuju Embarkasi Batam. Sebanyak 201 JCH tergabung dalam Kloter 19 ini akan diinapkan di Asrama Haji sebelum diberangkatkan menuju King Abdul Aziz, Jedah, dengan pesawat Saudi Arabian Airlane SV 5521, Selasa (7/8).

“Selamat menunaikan ibadah ha­ji bapak dan ibu, semoga menj­adi haji mabrur. Selama me­laksanakan ibadah haji, to­long dijaga kesehatan dan ke­bersamaan dengan para jemaah haji lainnya,” pesan Rafiq.

Kepala Bagian Masyarakat (Ka­bag Kesra) Setkab Karimun Ir­wan Dinovri mengatakan JCH Karimun seluruhnya ada 203 orang. Namun, dua di antara­nya ditunda keberangkatannya karena belum masuk manifes.

“Keberangkatannya ditunda, jadi yang berangkat di kloter 19 hanya 201 JCH,” bebernya.
Dari 201 JCH, delapan di antaranya menggunakan kursi roda. Meski demikian, panitia tetap memberangkatkan jemaah dengan pengawalan tim medis. “Benar, ada 8 orang JCH kita yang gunakan kursi roda. Insya Allah, mereka siap melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Makkah,” jelasnya.

201 JCH tersebut terdiri dari 89 laki-laki dan 112 perempuan dengan usia paling tua 74 tahun dan muda 30 tahun. “Semua sudah kita siapkan, mulai dari pemantapan manasik terakhir, pelepasan oleh bupati hingga naik ke pesawat,” ujarnya.

Pantauan di lapangan, para JCH dengan senyuman menya-lami para pengantar mulai dari halaman rumah dinas Bupati Karimun hingga Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun. Sebelum pelepasan juga dilaksanakan prosesi tepung tawar. “Mohon doanya, semoga saya dapat menjalankan ibadah haji dengan khusuk bersama istri,” kata salah seorang jemaah, Martias.(tri)

Respon Anda?

komentar