Peresmian Batalyon Komposit I Gardapati di Desa Sepempang Natuna oleh Pangdam Bukit Barisan, Mayjen Ibnu Tri Widodo, Senin (6/8).

batampos.co.id – TNI menambah kekuatan militer di Natuna, Batalyon Komposit I Gardapati resmi diaktifkan oleh Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Ibnu Tri Widodo, Senin (6/8).

Peresmian Batalyon Komposit I Gardapati juga disejalankan upacara pelantikan Danyon Komposit dan alih Kodal Kompi C dan Kompi D Raider khusus 136 Tuah Sakti.
Dikatakan Pangdam, dibentuknya satuan baru di Natuna dengan pertimbangan Natuna merupakan wilayah strategis dalam berbagai aspek, baik geopolitik maupun geografis.

Secara geografis, Natuna dihadapkan dengan Alki I sebagai jalur perdagangan penting dunia. Tentu selain memiliki sisi positifnya, juga terdapat sisi negatif. Seperti pelanggaran lintas batas, penyelundupan, penyusupan asing dan kegiatan ilegal lainnya.

”Mencermati kondisi geopolitik dan geografis dengan ancaman yang bakal dihadapi, perlu menambah satuan di Natuna. Tentunya memiliki efek tangkal terhadap ancaman,” katanya.

Dalam peresmian Batalyon Komposit I Gardapati tersebut, Pangdam berharap, prajurit yang ditugaskan dapat mengemban amanah TNI, khususnya di Natuna. Mengaplikasikan pelaksanaan tugas yang terukur terprogram dan profesional.

”Batalyon Komposit I Gardapati ini harus siap ope-rasi dan diterima masyarakat. Dan senantiasa menjaga disiplin, mampu beradaptasi dengan budaya tempatan dan kearifan lokal,” harapnya.(arn)

Advertisement
loading...