Kamis, 28 Maret 2024

Lingga Punya Potensi Besar Bidang Pertanian

Berita Terkait

Wakil Gubernur Kepri Isdianto berjalan bersama anak-anak saat melakukan kunjungan ke Lingga, Senin (6/8). F. Humas Pemprov Kepri untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Wakil Gubernur Kepri Isdianto sangat yakin beberapa tahun mendatang sektor pertanian di Kabupaten Lingga yang saat ini sedang dirintis akan membuahkan hasil. Termasuk kemajuan sektor pariwisata dan perikanan.

”Saya melihat Lingga memiliki potensi unggulan di bidang pertanian, pariwisata, dan perikanan. Mari bahu-membahu menggali potensi itu agar bisa dijadikan sumber PAD yang baru,” kata Isdianto saat memimpin rapat koordinasi bersama Wakil Bupati Lingga M Nizar, Sekda Lingga Juramadi Esram, jajaran OPD Lingga dan para pengurus LAM Lingga di Gedung Daerah Kabupaten Lingga, Senin (6/8).

Potensi di bidang pariwisata, pertanian, dan perikanan, menurut Isdianto adalah sektor yang tidak pernah habis bahan bakunya. Tidak seper-ti bidang pertambangan yang suatu saat bahan bakunya akan berkurang dan musnah. ”Alhamdulillah, Kepri punya semua potensi unggulan. Daerah lain belum tentu punya seperti ini,” kata Isdianto.

Sekarang di Lingga sedang gencar mengolah pertanian, dan tentu kalau dinilai sekarang memang belum ada hasilnya. Karena pertanian adalah investasi jangka panjang. Dan suatu saat, apapun yang sudah ditanam akan dituai oleh masyarakat Lingga. “Tentu sekarang harus bersabar,” ujarnya.

Jika pemerintah daerah tidak mampu menggali potensi PAD-nya sendiri, lanjut Isdianto, maka tunggulah masa kehancurannya. Wakil Bupati Lingga M. Nizar menyampaikan Lingga memiliki 604 pulau dalam posisi air surut. Namun, jika pasang tinggal 531 pulau yang nampak. Memiliki warga 102 ribu jiwa yang tersebar di 10 kecamatan, 75 desa dan 7 kelurahan.

”Kami sedang galak-galaknya menggenjot sektor pertanian. Dan ini proses jangka panjang. Sektor pertanian, perikanan dan peternakan sudah jadi kerja masyarakat disini hari-hari. Jadi ini wajib kita jaga,” ujar Nizar.(bni)

Update