foto: batampos.co.id / eusebius

batampos.co.id – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) I Batam gelar Bursa Kerja Khusus (BKK) untuk siswa tamatan SMK  di aula SMKN I Batam di Batuaji, Rabu (8/8) pagi.

Melalui kegiatan ini pihak sekolah memberikan informasi pasar kerja kepada siswa tamatan SMK yang kesulitan menemukan pekerjaaan. Ada 15 perusahaan yang dilibatkan sebagai mitra kerja dalam tekrutmen dan penyaluran program Corporate Social Responsibility (CSR)  .

Melalui kegiatan ini pihak SMKN I Batam juga memberikan penyuluhan dan bimbingan karir, penyaluran dan penempatan pencari kerja serta pendaftaran pencari kerja.

Kepsek SMKN I Batam Lea Lindrawijaya menuturkan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dari CSR sekolah untuk membantu melayani alumni dalam mendapatkan pekerjaan yang tepat.

“Yang dilakukan dalam kegiatan diantaranya: pemetaan dan penelusuran alumni, bimbingan karir lulusan, penyaluran alumni ke dunia usaha atau industri serta CSR Benchmarking,” ujar Lea.

Kegiatan ini untuk membantu mengurangi angka pengangguran dari lulusan SMK serta menjalin kerja sama semua pihak industri dan dunia usaha dalam melakukan proses rekrutmen. Selain itu juga mendidik dan mengarahkan agar alumni mampu meraih keberhasilan dalam mendapatkan pekerjaan melalui bimbingan pelatihan dan keterampilan baik hardskill ataupun softskill.

Pantauan di lapangan, kegiatan ini cukup diminati. Ratusan tamatan SMKN I dan lima SMK aliansi lainnya antusiasi mengikuti kegiatan yang disebut Job Matching itu. (eja)

Advertisement
loading...