batampos.co.id – Pencetakan Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karimun kembali normal sejak Senin (6/8). Gangguan koneksi jaringan selama dua pekan akhirnya berhasil diperbaiki.

“Kini kegiatan pencetakan e-KTP sudah bisa dilanjutkan lagi. Kita harus bekerja ekstra, berkas sudah numpuk. Hari ini (kemarin, red) sudah bisa mencetak lebih dari 500 lembar e-KTP,” ujar Kepala Disduk Capil Kabupaten Karimun M Tahar kepada batampos.co.id, Senin (7/8).

Pihaknya juga berencana lembur untuk bisa mempercepat pencetakan e-KTP yang sudah masuk sejak beberapa hari lalu. “Biasanya pada malam hari jaringan akan lebih lancar. Intinya, kita akan mencetak sesuai dengan daftar yang masuk,” katanya.

Karena saat ini terkendala terbatasnya jumlah blanko e-KTP, pihaknya akan mendahulukan warga yang belum pernah memiliki kartu penduduk. “Jumlah blanko e-KTP saat ini tinggal dua ribuan lembar lagi. Tapi, kalau dilihat dari daftar yang minta dicetak berdasarkan surat keterangan (Suket) jumlahnya lebih banyak,” jelasnya.

Mereka mengajukan pembuatan e-KTP karena rusak, hilang, dan belum memiliki KTP. Meski demikian, dalam pekan ini dia akan kembali berangkat ke Jakarta untuk mengambil blanko e-KTP.

“Jika di daerah sudah habis, maka bisa langsung mengajukan permohonan ke Kementerian Dalam Negeri untuk menambah persediaan,” ungkapnya.(san)

Respon Anda?

komentar