Posko pengecekan data pemilih yang dibuka KPU Anambas, Rabu (8/8). F. Syahid/batampos.co.id

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) mendirikan posko pendataan pemilih terkait Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPS-HP).

Di Kabupaten Kepulauan Anambas jumlah DPS-HP mencapai 28.945 pemilih.
Pantauan di lapangan, KPU mendirikan posko di Jalan Hangtuah, Tarempa. Terlihat tenda putih yang dihiasi spanduk tepat di depan Tugu Buak, Kelurahan Tarempa Kecamatan Siantan. Posko tersebut buka sejak pukul 09.00 hingga 16.00 wib.

Ketua KPU Kabupaten Kepu-lauan Anambas Jufri Budi, menjelaskan untuk wilayah Provinsi Kepulauan Riau kegiatan ini dilaksanakan secara serentak. Sosialisasi ini bagian dari meningkatkan antusias pemilih untuk mengecek keabsahan datanya, apakah sudah terdaftar atau belum.

”Hari ini bisa dilakukan pengecekan secara online, meskipun sinyal tidak maksimal, tapi sudah cukup baik,” kata Jupri Budi, Rabu (8/8).

Sejak dibuka posko tersebut kata Jufri Budi, sudah banyak warga mendatangi posko untuk mengecek DPT nya, akan tetapi harus mengisi formulir dan disertai membawa Kartu Keluarga (KK).

”Hasilnya ditemukan satu keluarga dengan jumlah delapan orang belum terdaftar sebagai pemilih. Maka dianjurkan untuk segera mendaftar,” terangnya.

Di Kabupaten Natuna juga dibuka posko pendataan dan pengecekan daftar pemilih di kawasan jalan Sukarno Hatta Ranai, Rabu (8/8).

Posko tersebut untuk memastikan pemilih sudah terdaftar di KPU dan masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih. Pendataan jemput bola tersebut sebelum pleno daftar pemilih tetap pemilu tahun 2019 mendatang.

Ketua KPU Natuna Junaedi Abdilah mengatakan, KPU juga membagikan brosur untuk mengingatkan masyarakat dalam pengecekan data pemilih, agar hak pilih dapat digunakan. Selain masyarakat dapat mengakses langsung data pemilih.

”Posko ini untuk jemput bola, memastikan masyarakat sudah tercatat atau belum sebagai peserta pemilih. Kegiatan ini dilakukan KPU secara serentak se-Kepri,” Junaidi Abdillah.(sya/arn)

Respon Anda?

komentar