Iklan
Wisatawan menikmati kuliner khas Anambas saat proses tepung tawar pada acara Festival Padang Melang, beberapa waktu lalu. F. Syahid/batampos.co.id

batampos.co.id – Tak lama lagi pengunjung Pantai Padang Melang bisa berbagi informasi dan bisa berkomunikasi dengan leluasa saat berada di pantai yang terletak di Desa Batu Berapit, Kecamatan Jemaja, Anambas. Salah satu operator selular berjanji akan menempatkan tower combat.

Iklan

“Tower combat itu juga ditempatkan untuk mendukung suksesnya Festival Padang Melang (FPM) tahun depan. Mereka siap memberikan pelayanan terbaik,” ujar Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas Jefrizal, Rabu (8/8).

Keputusan pihak operator selular menempatkan tower combat setelah sebelumnya pihak operator melakukan survei. Hasilnya, dengan menempatkan tower combat, sinyal dari tower utama di Letung mudah ditangkap hingga menyebar ke Padang Melang dan sekitarnya.

“Sinyal dari Letung diperkuat kemudian dipancarkan ke Padang Melang. Jadi tak blank spot lagi,” ungkapnya.

Jefrizal juga mengaku sudah meminta bantuan kepada Kemenkopolhukam RI, agar ikut mendesak provider yang bersangkutan supaya masalah sinyal segera diselesaikan.
“Sinyal sangat dibutuhkan apalagi dalam sisi keamanan, makanya kita minta Kemenkopolhukam ikut mendesak provider,” jelasnya.

Sebelumnya, Festival Padang Melang menjadi event kebanggaan pemerintah daerah untuk meningkatkan pariwisata di Kabupaten termuda di Kepri. Pembukaan Festival Padang Melang berjalan dengan lancar. Namun masih perlu perhatian khusus supaya Padang Melang lebih baik ke depannya.

Pasalnya di tempat indah tersebut sampai saat ini masih berupa blank spot atau area yang tidak terjangkau sinyal. Sehingga siapa saja yang datang pada acara tersebut tidak bi­sa menggunakan telepon. Pa­­dahal acara ini sudah berjalan beberapa tahun yang lalu. Seharusnya sudah ada evaluasi dari pemerintah daerah.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas Masykur, mengakui masih banyak kekurangan pada acara Festival Padang Melang yang dilaksanakan pada 26-28 Juli lalu.

Seperti dari sisi akomodasi mulai dari jumlah penginapan yang belum mencukupi, konsumsi, transportasi dan seba-gainya. Ke depan pihaknya siap memperbaiki kekurangan tersebut agar pelaksanaan Festival Padang Melang lebih baik dan lebih meriah dari sebelumnya. “Kita menyadari itu,” ungkapnya.

Mengatasi kondisi ini, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak seperti Kementerian Pariwisata dan Kementerian Pendidikan. “Kementerian Pari­wisata sudah merespons baik,” ujarnya. (sya)