batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri menyebutkan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPS-HP) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang di Kepri mencapai 1.187.401 pemilih. Jumlah tersebut bisa bertambah atau berkurang sampai ditetapkannya Daftar Pemilih Tetap (DPT).

”Sekarang ini kami terus berupaya melakukan pengecekan di lapangan dengan membuka posko-posko di sejumlah kawasan strategis,” ujar Priyo Handoko, komisioner KPU Divisi Program dan Data, Rabu (8/8) di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang.

Dijelaskannya, membuka posko-posko di kawasan strategis merupakan salah satu inovasi untuk memperkenalkan adanya Sistem Data Pemilih (Sidalih3) yang bisa diakses melalui website sidalih3.kpu.go.id.

Melalui website tersebut, masyarakat yang mayoritas sudah melek teknologi bisa mengakses untuk memastikan apakah dirinya sudah terdaftar sebagai pimilih atau tidak.
”Kampanye ini kita gelar serentak bersinergi dengan KPU Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kepri,” papar Priyo.

Menurut Priyo, bagi masyarakat yang namanya belum terdaftar, disarankan untuk mendatangi Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kelurahan/desa masing-masing sebelum berakhir Agustus ini. ”Cukup menyerahkan salinan KTP elektronik beserta KK bisa langsung diproses atau diurus,” paparnya.

Mantan jurnalis Jawa Pos (grup Batam Pos) ini juga mengatakan kegiatan sosialisasi pen­gecekan daftar pemilih ini juga dilaksanakan KPU kabupaten/kota secara serentak di sejumlah tempat. Di antaranya, KPU Kabupaten Bintan dilaksanakan di Pelabuhan Roro Tanjunguban, KPU Tanjungpinang di Bandar Udara Raja Haji Fisabilillah (RHF), KPU Lingga di Kantor Kelurahaan Dabo, dan KPU lainnya.

”Masyarakat menunjukkan respons yang bagus dengan inovasi yang kita lakukan. Harapan baiknya adalah partisipasi pemilih meningkat di Pemilu 2019 mendatang,” tutup Priyo. (jpg)

Respon Anda?

komentar