ilustrasi

batampos.co.id  – Dinas Kesehatan (dinkes) Kota Batam tahun ini mendapatkan tambahan tiga armada jenis ambulans lengkap dengan peralatan medis di dalamnnya. Ketiga unit mobil ambulance ini akan ditempatkan di dua Puskesmas dan satu di klinik Pemerintah Kota Batam.

Kepala Dinkes Batam, Didi Kusmardjadi mengatakan satu armada merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan sedangakan dua uni dibeli dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018 senilai Rp 1,5 miliar.

“Yang dari Kemenkes harganya Rp 1 miliar lebih karena peralatan lebih lengkap. Sudah ada DC shock, oksigen dan lainnya,” ujar dia, Rabu (8/8/2018).

Khusus yang dari Kemenkes ini nantinya akan melayani DPRD, Kantor Wali Kota Batam, Kejaksaan dan kantor terdekat lainnya. Penempatan armada ini untuk antisipasi adanya kejadian seperti tahun lalu.

“Dulu kan ada pegawai Pemko yang terkena serangan jantung saat bekerja. Makanya mobil lengkap dengan DC shock ini kami siagakan di sana,” jelas pria yang berprofesi sebagai dokter kandungan ini.

Sedangkan dua uni ambulance lainnya akan ditempatkan di dua puskesmas yang kondisi ambulance mereka sudah tua namun masih layak digunakan. Dua puskesmas yang akan mendapatkan armada baru ini yakni Batuaji dan Seipanas.

Mantan Direktur Rumah Sakit Umum Provinsi Kepri ini mengungkapkan saat ini armada sudah dalam masa pengiriman dari Jakarta ke Batam.

“Kalau tak ada masalah mungkin bulan ini sampai dan siap dioperasikan,” imbuhnya.

Untuk fasilitas ambulans ini, lanjutnya seluruh puskesmas rata-rata sudah memiliki model terbaru yang dilengkapi dengan peralatan medis sederhana.

“Yang lama tak banyak, cuman memang ada. Makanya kami ganti guna menunjang operasional puskesmas juga,” tutupnya.(yui)

Respon Anda?

komentar