Jemaah Calon Haji asal Kabupaten Pelalawan embarkasi sedang melaksanakan pelayanan pendaftaran Biometrik saat tiba di Asrama Haji Batam, sabtu (4/8). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kepri, Mukhlisuddin menyebutkan tahun ini Embarkasi Haji Batam akan melayani 11.894 Jemaah Calon Haji (JCH) yang terdiri dari 11.759 orang JCH dan 135 petugas kelompok terbang (kloter). Seluruhnya terbagi ke dalam 27 kloter.

“Sementara JCH yang sudah diberangkatkan ke Tanah Suci berjumlah 19 kloter,” katanya, kemarin.

Mukhlisuddin menyebutkan, pelayanan yang diberikan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) kepada seluruh JCH Embarkasi Batam adalah pada saat JCH tiba di Batam dari daerah, PPIH telah menyiapkan bus penjemputan. Bagi yang datang dengan pesawat, bus jemaah disiapkan di bawah tangga pesawat. Hal ini untuk menghindari proses antre di dalam ruang tunggu, yang mungkin melelahkan bagi jemaah.

Demikian pula di pelabuhan domestik, bus penjemputan telah disiapkan bagi jemaah yang tiba di pelabuhan tersebut. Disamping menyiapkan bus, PPIH juga menyiapkan angkutan barang jemaah serta jasa porter untuk mengangkut barang JCH dengan biaya seluruhnya ditanggung pemda daerahnya.

Selanjutnya, PPIH memberikan pelayanan penerimaan jemaah dengan sistem One Roof Service (Pelayanan satu atap). Seluruh perbekalan jemaah, yang meliputi pemeriksaan kesehatan dan pendaftaran obat-obatan, penyerahan gelang identitas, living cost, penggantian uang paspor dan penyerahan paspor dilaksanakan di dalam aula penerimaan.

“Melalui pelayanan One Roof Service ini diharapkan jemaah bisa mendapatkan istirahat yang cukup sebelum berangkat ke tanah suci pada esok harinya,” tutur Mukhlisuddin.

PPIH turut memberikan pemantapan manasik haji kepada jemaah, dan pembekalan bagi petugas kloter, ketua rombongan, ketua regu, dan tim pemandu haji daerah. Pada tahun ini, pemerintah melalui Kementerian Agama akan mengganti biaya pembuatan paspor kepada semua jemaah yang berangkat ke Tanah Suci sebesar Rp 355.000, kecuali petugas kloter dan Petugas daerah. (rng)

Advertisement
loading...