Dataran Madani

batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam menggelar Tabligh Akbar Gebyar Muharram 1440 Hijriah di Dataran Madani, Sabtu (11/8). Ceramah diisi oleh Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Habib Syech Abdul Qodir Assegaf.

Seiring kegiatan tersebut, Jalan Raja Ali Haji yang berada di depan dataran ini akan ditutup selama delapan jam, dari pukul 16.00 WIB hingga pukul 00.00 WIB.

Kepala Bagian Humas Pemko Batam Yudi Admaji mengatakan, sejatinya acara inti baru akan dimulai sesudah Salat Isya atau sekitar pukul 19.30 WIB. Namun melihat antusias masyarakat dalam beberapa kali acara yang diisi UAS selalu ramai, maka panitia menyiapkan lebih awal.

“Kami siapkan tempat untuk salat berjamaah, lokasi wudhu maupun alas untuk salat. Salat magrib berjamaah sudah bisa di sana,” kata Yudi.

Tidak hanya itu, Pemko Batam telah menyiapkan tiga kantong parkir. Kantong parkir utama tanah kosong Oxley, depan dan belakang ruko Edukits dan di depan dan belakang KFC Gelael sampai ke Rumah Makan B3 Palm Spring.

Bagi masyarakat dari arah Batam Centre yang ingin ke lokasi acara dapat berputar arah dari u turn depan Palm Pring dengan lokasi parkir di Oxley. Sedangkan warga dari Batam Centre yang akan ke Sekupang dan ke Simpang Kabil harus berputar lewat Sei Panas menuju Simpang Jam.

“Bagi masyarakat Batam dari arah Sekupang dan Batuaji untuk menuju ke lokasi acara tetap masuk melewati Simpang Jam dan menurunkan penumpang di depan Dataran Madani atau jalan Raja Haji Fisabilillah. Kemudian untuk menuju ke lokasi parkir bisa melewati jalan belakang Edukits nanti tembusnya di rumah makan Lamun Ombak,” terang mantan Camat Bengkong ini.

Untu kelancaran dan keamanan acara sekitar 1.150 personil disiapkan. Tim pengaman terdiri dari personil Polresta Barelang, anggota Kodim 0316 Batam, Batalyon Infantri 134/Raider, Marinir/Satria Bhumi Yudha, Angkatan Laut, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Pagar Nusa, GP Ansor, tim pengamanan UAS dan dari FPI Kota Batam.

“Malam itu juga akan dilakukan pengumpulan donasi untuk korban gempa di Lombok,” ucapnya.

Untuk meramaikan acara tersebut Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengundang seluruh masyarakat Kota Batam untuk dapat bersama-sama hadir. Masyarakat yang hadir diharapkan mengenakan pakaian putih-putih.

Sementara itu, pagi hari besok juga digelar lomba gerak jalan yang dimulai dari pukul 06.30 WIB dan diperkirakan berakhir sekitar pukul 12.00 WIB.

“Jalur yang dilalui gerak jalan tidak ditutup. Hanya saja jalan Engkuputri dari depan Kantor Wali Kota ke simpang dekat Bank Indonesia akan ditutup karena dijadikan tempat permulaan dan finish lomba tersebut,” ucap Yudi.

Lomba dibagi menjadi tiga kategori. Yakni kategori 5 km, 8 km, dan 17 km. Kategori 5 kilometer untuk peserta pelajar SD putera dan puteri, PGRI puteri, PKK, Dharma Wanita, perbankan, asuransi, perhotelan, dan masyarakat umum puteri. Sedangkan kategori 8 kilometer untuk peserta pelajar SMP putera dan puteri, SMA/SMK/MA puteri, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Batam dan BUMN putera puteri, masyarakat umum dan perhotelan putera, serta mahasiswi. Dan kategori 17 kilometer dilaksanakan untuk peserta dari pelajar SMA/SMK/MA putera, mahasiswa, organisasi kepemudaan, organisasi kemasyarakatan, instansi putera, TNI, dan Polri.

“Tiap regu terdiri dari 11 orang termasuk komandan regu. Waktu tempuh untuk kategori 5 km yaitu 60 menit, 8 km selama 96 menit, dan 204 menit untuk kategori 17 km. (iza)

Respon Anda?

komentar