batampos.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam menyiapkan sedikitnya 421 titik salat Idul Adha, Rabu (22/8) nanti. Titik salat akan dipusatkan di Dataran Engku Puteri dan tersebar di 12 kecamatan yang ada di Batam.

Iklan

“Hingga saat ini yang telah melaporkan lokasi salat baru 421 lokasi, namun tidak tertutup kemungkinan bertambah,” kata Kepala Kementerian Agama Kota Batam, Erizal, Selasa (14/8).

Pelaksanaan salat Idul Adha kali ini akan dilakukan di lapangan dan masjid-masjid. Ia menambahkan jika keadaan hujan dan tidak memungkinkan salat di lapangan, panitia juga telah mempersiapkan masjid untuk lokasi salat.

“Kita doakan cuaca bagus, sehingga salat bisa berjalan lancar,” ujarnya.

Salat Idul Adha juga akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia termasuk Batam. Beberapa lokasi lain yang biasanya digunakan untuk salat diantaranya Lapangan Tiban Impian, Masjid Baiturahmah yang berada di Sekupang. Beberapa masjid juga bergabung dan menggelar salat bersama di lapangan. “Biasanya seperti ini, satu kelurahan mereka gelar disatu lapangan,” imbuhnya lagi.

Setelah salat masyarakat bisa melanjutkan pemotongan hewan kurban. Hingga saat ini sudah ada ribuan hewan kurban yang dilaporkan akan dipotong saat hari raya nanti. “Masih ada waktu satu minggu sebelum hari H. Warga yang ingin berkurban masih bisa menghubungi panitia di masjid- masjid terdekat,” jelas Erizal.

Lebih lanjut, ia mengingatkan kepada warga untuk berpuasa di hari sebelum perayaan Idul Adha tersebut. Misalnya, puasa Hari Arafah pada 9 zulhijah atau sehari sebelum hari raya kurban. “Itu (hukumnya) sunnah, jadi jangan terlewatkan,” imbaunya.

Ia menambahkan berdasarkan data yang sudah masuk, jumlah hewan kurban berkisar dari 800-1.000 hewan kurban. “Kami masih menunggu data dari panitia juga, jumlah lengkapnya kita akan umumkan sebelum salat Idul Adha di Dataran Engku Puteri nanti,” tutupnya.

Sementara itu, penjual hewan kurban, Hamid mengatakan penjualan hewan hingga saat ini cukup banyak. Menurutnya pemesan tahun ini tidak jauh beda dengan tahun sebelumnya. “Meningkat sedikit dari tahun lalu,” sebutnya.

Ia memperkirakan pesanan hewan kurban masih akan terjadi hingga minggu depan sebelum hari raya kurban. “Mungkin Sabtu ini pesanan jauh lebih banyak dari sekarang. Kemarin sudah banyak yang tanya-tanya juga namun belum datang ke kandang,” ucap Hamid.(yui)