Jumat, 29 Maret 2024

Belibak Jadi Desa Wisata

Berita Terkait

Bupati Anambas Abdul Haris bersalaman dengan warga saat acara penetapan Desa Balibak sebagai desa wisata, Rabu (15/8). F. Syahid/batampos.co.id

batampos.co.id – Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris menetapkan Desa Belibak Kecamatan Palmatak menjadi desa wisata baru, Rabu (15/8).

Penetapan tersebut disaksikan sejumlah pihak mulai dari Kacabjari Tarempa Muhammad Bayanullah, perwakilan TNI Polri, perwakilan perusahaan Medco Energi, dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Penetapan ini tidak lepas dari partisipasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pulau Pangeran di desa tersebut yang menyulap pasir yang terkikis air menjadi pantai mini yang disebut dengan Pasir Kabao.

Pantauan di lapangan, pasir kabau jika dilihat seperti pantai asli, tapi semua itu merupakan buatan tangan-tangan warga Desa Belibak bersama kelompok sadar wisata yang memiliki kreativitas yang tinggi. Bukan hanya pantai saja yang disulap, seluruh rumah warga yang ada disana di cat warna warni.

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris mengatakan pihaknya berharap pokdarwis bisa melakukan kreativitas yang lebih baik lagi meski yang sudah dilakukan saat ini dinilai cukup baik.

ā€œMari kita apresiasi terhadap Desa Belibak dan kelompok sadar wisata yang ada. Yakinlah bahwa siapa yang melirik bisnis bidang wisata tidak pernah putus potensi kemajuan dan keberhasilannya,ā€ tuturnya.

Haris juga menyampaikan, masyarakat harus bisa menjaga kebersihan dan harus menghindarkan lingkungan desa dari pemandangan sampah, baik di darat atau di laut. Karena sampah tidak baik bagi kesehatan.

ā€œSaya harap masyarakat bisa menjaga kebersihan lingkungan. Alhamdulilah saya lihat tidak ada sampah yang berserakan,ā€ ungkapnya.

Haris, juga meminta warga setempat tidak mengambil batu karang, karena itu adalah modal bagi daerah yang bisa dijual nilai wisatanya kepada wisatawan yang gemar wisata baik dilaut maupun wisata alam.

Sementara itu Kepala Desa Belibak Kecamatan Palmatak Marjuki, mengaku senang dan puas dengan capaian yang sudah dilakukan masyarakat bersama kelompok sadar wisata.

ā€œSaya sangat bersyukur berkat kerja sama semua warga Desa Belibak, kami bisa diteĀ­tapĀ­kan menjadi desa wisata yang telah dikukuhkan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas,ā€ ungkap Marzuki.

Dirinya berharap kedepannya Pemda bisa terus-menerus melakukan pembinaan terhadap Desa Belibak agar semua target dan tujuan dalam mendorong percepatan pembangunan di bidang pariwisata terwujud.

ā€œKami harapkan Pemda terus dapat melakukan pembinaan terhadap Pokdarwis yang telah dibentuk tadi,ā€ ungkapnya. (sya)

Update