Kamis, 18 April 2024

Listrik 24 Jam, Ekonomi Masyarakat Makin Bergairah

Berita Terkait

Bupati Karimun Aunur Rafiq bersama manajer PLN area Tanjungpinang Fauzan meresmikan jam operasional listrik Kecamatan Ungar di kantor PLN Alai Sub Rayon Tanjungbatu, Kamis (16/8). Peresmian ini ditandai dengan penekanan tombol mesin diesel. F. Imam Sukarno/batampos.co.id

batampos.co.id – Bupati Karimun Aunur Rafiq meresmikan penambahan jam operasional listrik Kecamatan Ungar di kantor PLN Alai Sub Rayon Tanjungbatu, Kamis (16/8). Peresmian ini ditandai dengan penekanan tombol mesin diesel oleh bupati didampingi Manajer Area PLN Tanjungpinang, Fauzan.

Dalam kesempatan itu, Rafiq me­nyampaikan terima kasih ke­pada Perusahaan Listrik Ne­gara (PLN) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR) ya­ng telah menyetujui pening­ka­­tan operasional listrik di Ke­camatan Ungar da­ri 12 jam menjadi 24 jam. Ia berha­rap peningkatan jam ope­rasio­nal tersebut makin menggairahkan ekonomi masya­ra­kat, sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat.

”Pening­katan jam operasional 24 jam di wilayah Ungar meru­pa­kan anugerah dan hadiah di HUT ke-73 RI. Hal ini diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat dengan baik,” harap Rafiq.

Manajer PLN Area Tanjungpinang Fauzan menyebutkan, saat ini PLN Sub Rayon Alai memiliki empat Pembangkit Listrik Tenaga Diesel berkapasitas 700 KKW. Sementara beban puncak untuk konsumsi listrik 1.200 pelanggan hanya 400 KW. ”Masih surplus 300 KW, kelebihan ini bisa dipergunakan untuk menambah daya listrik,” katanya.

Menurutnya, di wilayah Ungar terdapat 24 unit usaha masyarakat, industri sagu, sekolah serta perkantoran. Dengan peningkatan jam operasional 24 jam diharapkan bisa membantu masyarakat di Kecamatan Ungar dalam sektor perekonomian, pendidikan maupun pelayanan.

Diketahui, selama ini listrik di Kecamatan Ungar hanya menyala 14 jam. Mulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 07.00 WIB.

Karena wilayah tersebut te­rus berkembang, warga se­rta kantor pelayanan membu­tuhkan listrik 24 jam untuk me­nunjang pelayanan dan aktivitas warga. Setelah me­nunggu puluhan tahun, masya­ra­kat Kecamatan Ungar akhirnya bisa menikmati listrik 24 jam.
Hal itu menyusul disetujuinya penambahan jam operasional listrik oleh PLN WRKR.(ims)

Update