ilustrasi

batampos.co.id – Rencana Pemerintah Kota Batam untuk memiliki jalan lingkar yang menghubungkan Patamlestari dan Jodoh sepertinya masih jauh dari kenyataan.

Iklan

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Batam, Yumasnur mengatakan hingga saat ini rencana pembangunan masih dalam tahap kajian. Permasalahannya dana yang dibutuhkan tidak sedikit untuk merealisasikan pembangunan tersebut.

“Masih dalam kajian,” kata dia, Rabu (15/8).

Ia menjelaskan untuk pembangunan jalan lingkar tersebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan pusat agar bisa membantu pelaksanaan jalan yang diharapkan untuk mengurai kemacetan dari Sekupang ke Batamcenter maupun sebaliknya.

“Yang dibangun cukup panjang. Jadi butuh kajian yang matang sebelum dimulai,” ujar Yumasnur.

Saat ini pihaknya sudah membangun drainase di lokasi dekat pasifik hotel. Hal ini merupakan tahapan awal sebelum jalan lingkar dibangun.

Ia menambahkan jika tidak ada kendala, tahun depan pembangunan sudah bisa berjalan. Pihaknya sudah mengusulkan ke pusat agar bisa direalisasikan.

Namun demikian sembari menunggu keputusan dari pusat. Pihaknya berencana melebarkan jalan menuju jalan lingkar yang berada di Patamlestari tersebut.

Untuk mengurai kemacetan terutama saat jam sibuk. Jalan yang berada di samping Tibancenter rencananya akan dilebarkan tahun depan. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan kecamatan mengenai hal ini. Sebab ada banyak bangunan yang ada di tepi jalan.

“Ada ratusan bangunan nanti yang akan terdampak dari pelebaran jalan yang nembus ke Patamlestari tersebut,” sebutnya.

Ia berharap pengerjaan bisa berjalan dengab lancar. Sehingga arus lalulintas bisa berjalan normal.

“Jadi mereka bisa memilih jalan alternatif. Nanti dibuat jadi tiga atau empat lajur. Sekarang masih dua lajur,” ucapnya.(yui)