Jumat, 29 Maret 2024

Kemenkominfo Bentuk Satgas Siber Amankan Jaringan Asian games

Berita Terkait

Menyambut pembukaan gelaran olahraga akbar, Asian Games 2018. Kementerian Komunikasi dan Informatika mengerahkan tim khusus untuk menjaga internet di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) dan Jakabaring Sport Center (JSC) Palembang (Jawapos)

batampos.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengerahkan tim khusus untuk menjaga internet di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) dan Jakabaring Sport Center (JSC) Palembang.

Tim tersebut berbentuk satuan tugas (Satgas) untuk mengawasi penggunaan spektrum frekuensi radio (SFR) dan mengamankan dari potensi interferensi atau gangguan selama perhelatan Asian Games berlangsung.

Menkominfo Rudiantara, dalam tinjauannya ke GBK mengatakan, pasukan yang bertugas mengamankan SFR di venue-venue Asian Games 2018 untuk fokus bekerja dan memastikan aktivitas yang membutuhkan SFR dalam event terhindar dari interferensi atau gangguan.

ā€œNanti malam ada acara yang besar yang juga didukung pengguanaan spektrum frekuensi yang besar bagi event organizer dan juga bagi sarana Wifi yang semuanya perlu diamankan,” kata Rudiantara dalam Apel Siaga Pengamanan Spektrum Frekuensi Radio Asian Games di Stadion Utama GBK, Sabtu, (12/8).

Menurut Chief RA, sapaan karib Rudiantara, akan ada sebanyak 30 orang petugas pengaman spektrum frekuensi radio. Rudiantara menegaskan setiap ada kendala atau gangguan agar segera dilakukan penanganan dan tindakan.

ā€œTindakannya adalah temu, kenali, dan lalukan penanganan. Interferensi diakibatkan penggunaan radio yang bertabrakan yang justru bisa mengakibatkan blankspot. Makanya di dalam Stasion Utama ini digunakan Wifi raksasa untuk digunakan pengunjung pada pembukaan nanti malam,ā€ katanya.

Adapun satgas monitoring frekuensi seluler selain dari Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), juga melibatkan petugas dari Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI), Badan Regulasi Telekomuniaksi Indonesia (BRTI) dan operator seluler.

Seluruh satgas memetakan dan memantau perangkat di 21 venue cluster SUGBK, 6 Suburb Jakarta, dan 11 venue cluster Jakabaring Sport Center (JSC) Palembang. Venue tersebut merupakan venue prioritas yang telah diberikan ISR sementara sesuai dengan pengajuan dari INASGOC.

Satgas juga telah menyelesaikan gangguan pada frekuensi 476,775 MHz dan 498,820 MHz yang telah dialokasikan dan diberikan ISR sementara untuk perangkat opening dan closing ceremonies, Asian Games 2018.

Sebelumnya, Kemenkominfo juga telah melakukan uji lapangan kesiapan jaringan selular di bandara, hotel, dan area venue serta rute yang akan dilalui atlet Asian Games ke-18 di Palembang (Sumsel), Jawa Barat, Tangerang, dan Jakarta. Kegiatan static test dan mobility/drive test yang berlangsung sejak 8 Juli hingga 27 Juli 2018 itu secara umum diklaim menunjukkan hasil rata-rata baik di atas 90 persen.

(ryn/JPC)

Update