Pantai Elyora
Pengunjung menikmati hamparan pasir putih di Pantai Elyora, Batam. (Bobi Bani/JawaPos.com)

batampos.co.id – Satu lagi pantai indah di Batam, Pantai Elyora.

Iklan

Sudah pernah ke sana?

Berlokasi di Kelurahan Galang Baru (Jembatan 6), Kecamatan Galang, Batam, Pantai Elyora menyajikan hamparan pasir putih landai dan halus.

Hamparan pasir putih yang luas menjadikannya sebagai salah satu pantai yang ramah terhadap anak. Ombak yang tidak besar juga membuat Pantai Elyora terlihat lebih bersahabat. Bahkan para orang tua tidak perlu melakukan pengawasan berlebih karena memang tempat berenang berada di lokasi yang terawasi.

Di sebelah kanan pantai terdapat pohon-pohon besar yang biasanya dijadikan tempat berteduh sambil bermain air. Hadirnya pohon itu menjadi keunikan tersendiri dan banyak dijadikan sebagai objek foto oleh pengunjung.

Di Pantai Elyora sudah terdapat fasilitas yang sudah memadai untuk kebutuhan dasar pengunjung. Seperti musala, tempat mandi, dan toilet. Ada juga fasilitas lain berupa pondok-pondok untuk berteduh pengunjung yang disewakan seharga Rp 100 ribu.

Pengelola Pantai Elyora, Putra mengatakan, pantai yang berada di ujung Batam ini mulai ramai didatangi pengunjung sejak Juli 2018 atau saat momen libur Lebaran. Setelah itu, pengunjung terus mengalami peningkatan setiap minggunya. Terutama pada momen libur nasional.

Umumnya, pengunjung senang dengan kondisi pantai yang bersih dan memiliki pasir halus serta luas. Meski cukup panas ketika siang harinya, pengunjung tetap nyaman bermain. Baik di kawasan pantai maupun di pohon-pohon besar sambil berfoto.

Untuk biaya masuk, tarifnya sama dengan pantai-pantai lain. Yakni, Rp 10 ribu per orang. Sementara untuk bilas setelah berenang dikenai tarif Rp 4 ribu.

Lalu bagi masyarakat yang menginap, tarifnya lebih tinggi dari pengunjung normal. Pasalnya, pengelola memberikan fasilitas listrik dan penjagaan pada malam harinya.

“Kami sesuaikan dengan pantai lain. Apalagi kami masih baru, belum banyak yang tahu,” kata Putra ketika ditemuinya di kawasan pantai.

Pantai baru dibuka pada Januari 2018. Elyora menyesuaikan dengan nama anak dari pemilik pantai. Tidak ada filosofi khusus perihal penamaan pantai tersebut. Namun uniknya, nama pantai ternyata bisa menjadi salah satu daya tarik.

Salah satu pengunjung Pantai Elyora, Rully Dian Sari mengaku cukup puas dengan keindahan yang ditawarkan. Perjalanan sekitar dua jam dari pusat Kota Batam, terbayarkan dengan panorama pantai. Begitu juga dengan fasilitas yang memudahkan untuk ibadah dan keperluan lainnya.

“Bagusnya lagi, pasirnya halus, lumayan putih, terus ombaknya agak kenceng,” ucapnya.

(bbi/JPC)