Sabtu, 20 April 2024

Masjid Namirah, Rayakan Idul Adha pada Hari Selasa mendatang

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Pemerintah telah menetapkan Idul Adha jatuh pada Rabu (22/8/2018).

Masjid Namirah, Balikpapan Baru akan mengadakan salat Idul Adha pada Selasa (21/8).

Ketua Yayasan Namirah, Gatot Subandono menyebutkan, pihaknya tidak bermaksud ingin berbeda dan tidak ada pengaruh dari kelompok tertentu.

Menurutnya, ibadah ini semata-mata soal keyakinan dan bukan ikut-ikutan. Namun, aturan penetapan hari raya Idul Adha ini menyesuaikan Alquran dan hadis serta ahli sunah.

“Penetapan Selasa semata-mata mengikuti waktu aktivitas wukuf dalam ibadah haji. Bukan juga mengikuti kebijakan Arab Saudi, tapi aktivitas kegiatan haji di sana,” ucapnya dikutip dari Kaltim Post, Minggu (19/8).

Dia berharap, perbedaan ini dapat ditanggapi secara positif sebagai sebuah khasanah untuk umat muslim. Apalagi masing-masing memiliki dalil.

“Kami harap ini bisa diterima oleh kaum muslimin sebagai sesuatu yang lumrah. Hal yang penting persatuan umat tetap terjaga,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Dakwah Masjid Namirah, Tono Heriyadi Atma menjelaskan, dalil penetapan Idul Adha mengikuti waktu wukuf. Penetapan ini baru saja dilakukan setelah ada penentuan waktu wukuf di Arab Saudi.

Ia mengaku, sebelumnya pengurus masjid sejak bulan lalu sudah merencanakan pelaksanaan hari raya Idul Adha pada Rabu (22/8). Termasuk mengundang khatib dari luar Kalimantan yang dijadwalkan datang pada Rabu.

“Namun begitu ada perubahan 1 Zulhijjah di Arab Saudi, kemudian kami mengikuti waktu wukuf itu,” katanya.

Sebagai informasi, Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi menetapkan Hari Raya Idul Adha 1439 H jatuh pada Selasa (21/8). Sementara hari Arafah jatuh pada Senin (20/8).

Penetapan ini menyesuaikan dengan hari pertama bulan Zulhijjah yang jatuh pada Minggu (12/8), pekan lalu. Semua keputusan tersebut berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar Mahkamah Agung Saudi pada Sabtu (11/8).

Konsultan Yayasan Namirah Ari Prabowo mengungkapkan, perbedaan perayaan Idul Adha adalah hal yang biasa. Tidak terjadi kali ini saja, beberapa waktu lalu juga pernah.

Dia berpendapat, semua keputusan baik dan mempunyai dasar serta rujukan. “Namun Pengurus Masjid Namirah sendiri murni memiliki alasan karena mengikuti waktu wukuf di Arafah. Kondisi ibadah kaum muslimin yang melakukan wukuf,” jelasnya.

Nantinya, puncak ibadah haji 2018 akan dilaksanakan Senin (20/8) atau pada hari Arafah. Di mana, jutaan jamaah haji berkumpul di Padang Arafah untuk berdoa dan muhasabah.

“Sehingga puasa sunah arafah nanti juga pas. Arab Saudi juga melaksanakan Hari Raya pada Selasa,” bebernya.

Rencananya, Masjid Namirah akan melangsungkan kegiatan salat Idul Adha di Halaman Ruko Mal Fantasi Junction Balikpapan Baru, pukul 06.00 Wita. Ustaz Muhammad Nurussobah selaku founder Salima Dakwah Channel akan menjadi khatib salat.

Sementara itu, pemerintah Indonesia berbeda dalam menetapkan 1 Zulhijjah 1439 H yang jatuh pada Senin (13/8). Artinya, 10 Zulhijjah atau Hari Raya Idul Adha jatuh pada Rabu (22/8).

“Bulan Zulqa’idah 1439 H kita sempurnakan, dengan cara istikmal atau digenapkan menjadi 30 hari. Dengan demikian tanggal 1 Zulhijjah jatuh pada hari Senin, 13 Agustus 2018, dan tanggal 10 Zulhijjah 1439 H jatuh pada Rabu 22 Agustus 2018,” kata Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Muhammadiyah Amin.

(jpg/est/JPC)

Update