Jumat, 19 April 2024

Kenalkan Kapal Perang ke Masyarakat

Berita Terkait

Ratusan Tewas akibat Banjir Afghanistan-Pakistan

Warga Antre Beli Gas Melon

Penerimaan Pajak April Lebihi Target

Sejumlah warga mengunjungi Fasharkan Mentigi Tanjunguban, Bintan, Minggu (19/8).Ā F. Slamet Nofasusanto/Batam Pos

batampos.co.id – Masyarakat Bintan antusias mengunjungi Naval Base Open Day (NBOD) di Markas TNI Angkatan Laut (AL), Mentigi Tanjunguban, Bintan, Minggu (19/8). Kegiatan yang ditaja oleh Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) Mentigi dan Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmada I TNI AL tersebut bertujuan memperkenalkan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) kepada masyarakat, yakni kapal perang milik TNI AL.

Kegiatan tersebut juga untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73. Kepala Fasharkan Mentigi Kolonel Mulyatna mengatakan dalam kegiatan tersebut, pengunjung dipersilahkan melihat langsung dari dekat keberadaan Markas TNI AL Fasharkan Mentigi sekaligus melihat kapal perang yang sedang sandar di dermaga dalam rangkaian Open Ship unsur-unsur Satkat Koarmada I.

Meskipun terbuka untuk umum, pihaknya berharap kepada masyarakat yang akan mengikuti NBOD agar menggunakan pakaian yang rapi sebagai bentuk penghormatan kepada prajurit yang sedang melaksanakan dinas jaga. Selain itu, juga untuk faktor kenyamanan dan keselamatan selama berada di sana. ā€Kegiatan ini untuk mendekatkan TNI AL dengan masyarakat,ā€ katanya.

Sementara itu, Komandan Satkat Koarmada I Kolonel Sirilus Arif Susbintoro mengatakan pada kegiatan tersebut, Satkat menyiapkan delapan Kapal Republik Indonesia (KRI) untuk menerima kunjungan masyarakat.

Kedelapan KRI tersebut di antaranya KRI Barakuda-633, KRI Clurit-641, KRI Kujang-642, KRI Beladau-643, KRI Alamang-644, KRI Surik-645, KRI Siwar-646, dan KRI Parang-647.
Kapal-kapal perang tersebut berada di Pangkalan Mentigi dalam rangka melaksanakan operasi dan perawatan rutin.

ā€Seluruh KRI tersebut sudah bersolek dengan memasang bendera hias untuk menyambut pengunjung dan masyarakat Bintan,ā€ jelasnya. (odi)

Update