Rabu, 24 April 2024

Medco Cari Cadangan Migas di Laut Natuna

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemerintah terus mencari sumur cadangan minyak dan gas (migas) di wilayah perairan Natuna. Saat ini PT Medco Energi Internasional Tbk melakukan pencarian cadangan tersebut di Blok Tuna.

Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti mengatakan, pemerintah daerah berharap survei cadangan migas di wilayah Natuna dapat membuahkan hasil. Dan dapat menambah sumur baru sebagai cadangan energi nasional.

”Supaya bisa diekploitasi dan menambah pendapatan daerah dari sisi dana bagi hasil migas, yang sekarang sudah terus berkurang,” kata Ngesti, Jumat (31/8).

Menurutnya, cadangan minyak dan gas di sejumlah sumur yang ada saat ini sudah berkurang. Hal ini menyebabkan hasil lifting dan dana bagi hasil untuk daerah penghasil ikut berkurang. Sementara di sektor lain sebagai penyumbangan pendapatan daerah, belum optimal.

Survei tersebut, sambung Ngesti, sudah sampai tahap proses perekaman data struktur di bawah permukaan bumi. Ini merupakan ta­ha­pan awal dari rangkaian kegiatan eksplorasi minyak dan gas. Karena karakteristik kegiatan ini bersifat kompleks dan melibatkan teknologi tinggi, dalam pelaksanaannya untuk memperoleh kualitas data yang baik.

”Pihak perusahaan menggunakan teknologi dengan perekaman data tiga dimensi dari bawah permukaan bumi. Mudah-mudahan saja ada hasilnya untuk Natuna. Pihak Medco sebelumnya sudah mensosialisasikannya kepada pemerintah daerah,” ujarnya. (arn)

Update