Sabtu, 20 April 2024

Bandara Sisingamangaraja XII, Nama Baru Bandara Silangit

Berita Terkait

batampos.co.id – Bandara Internasional Silangit di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut), resmi berganti nama. Adapun nama barunya adalah Bandara Sisingamangaraja XII.

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan membenarkan pergantian nama bandara tersebut. “Iya benar, sudah diganti dan sudah diresmikan,” kata Nikson kepada JawaPos.com, Sabtu (8/9).

Nikson sendiri tidak mengetahui secara pasti alasan perubahan nama bandara. Sebab saat peresmian pada November 2017, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyetujui nama bandara akses ke Danau Toba itu.

Perubahan nama dibarengi dengan beredarnya Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 1404 Tahun 2018, yang diubah menjadi Bandara Raja Sisingamangaraja XII. Surat tertanggal 3 September 2018 itu kemudian ditindaklanjuti Setjen Kemenhub dengan mengirim surat No. 243/Srt/B.IV/IX/2018. Surat ditujukan kepada Sesditjen Perhubungan Udara dan Direktur Bandar Udara, Ditjen Perhubungan Udara.

Surat tertanggal 4 September 2018 itu ditandatangani Kepala Biro Hukum
Kemenhub Wahju Adji. Isinya meminta kepada aparat terkait untuk menindaklanjuti keputusan Menhub. Perubahan nama itupun sudah disetujui Presiden Jokowi.

Bandara Silangit mulai digarap sejak zaman penjajahan jepang. Pada 1995, pembangunan dilanjutkan dengan perpanjangan landasan pacu menjadi 1.400 meter.

Di era Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), bandara Silangig kembali diperpanjang runway-nya menjadi 2.400 x 30 meter. Lalu 2012, pengelolaan bandara pindah tangan dari Kemenhub ke PT Angkasa Pura II.

Infrastruktur di Bandara Sisingamangaraja XII terus dikebut hingga bertaraf Internasional. Penerbangan internasional sudah dibuka, Yakni, dari Malaysia.

(pra/JPC)

Update