Sabtu, 20 April 2024

Anambas Dapat Kuota 296 CPNS

Berita Terkait

batampos.co.id – Pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Kepulauan Anambas dimulai pada 19 September mendatang. Pembukaan dilakukan serentak secara nasional. Untuk Provinsi Kepulauan Riau terdapat lima titik penerimaan yakni Anambas, Natuna, UPT di Batam, Kota Batam, dan Kota Tanjungpinang.

”Alhamdulillah, kita salah satu dari lima titik penerimaan CPNS tahun 2019 bersama Natuna, UPT Batam, Kota Batam, dan Tanjung Pinang,” ujar ketua panitia pelaksanaan penerimaan CPNS Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar, Rabu (12/9).

Ia menjelaskan mengenai formasi penerimaan CPNS. Tenaga pendidikan menjadi formasi terbanyak pada penerimaan CPNS tahun 2018 ini, yakni 147 orang. Disusul formasi kesehatan 119 orang, dan formasi teknis sebanyak 30 orang.

”Untuk rinciannya dapat dilihat langsung pada tanggal 19 September pada saat pendaftaran,” ujarnya.

Disinggung persyaratan khusus seperti yang diminta DPRD, Sahtiar mengaku belum dapat memastikannya. Karena secara nasional persyaratan itu sama, tidak ada persyaratan yang membedakan daerah tertentu.

”Sekali lagi belum dapat saya pastikan, bisa saja tiba-tiba terjadi kebijakan yang berbeda,” terangnya.

Untuk penerimaan CPNS itu harus melalui beberapa tahapan seleksi, mulai dari seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, dan seleksi kompetensi bidang masing-masing. Setelah itu dilakukan tes pada 20 Oktober 2018. ”Tesnya hanya sekali saja pada tanggal 20 Oktobet 2018,” jelasnya.

Untuk tes penerimaan CPNS mendatang dapat menggunakan sistem online, sehingga pihaknya mulai saat ini harus berkoordinasi dengan Kominfo untuk memperkuat jaringan. Ia optimis tes penerimaan CPNS dapat dilaksanakan di Anambas dengan memanfaatkan jaringan Palapa Ring untuk mendukung akses internet.

”Untuk fasilitas penunjang tes seperti komputer dan sebagainya, pemerintah daerah yang akan menyiapkannya,” ujarnya.

Bila belum cukup, kata Sahtiar, maka pihaknya akan meminjam komputer ke sekolah-sekolah. ”Kita harus siapkan, jika tidak, maka tes akan dilaksanakan di UPT Batam,” tukasnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kepulauan Anambas Jefrizal mengatakan pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak Palapa Ring untuk meminta bantuan akses internet saat pelaksanaan tes CPNS pada 20 Oktober mendatang.

”Kami akan koordinasikan dengan pihak PRB dan BKPSDM untuk menentukan tempat tes dilaksanakan sehingga sehingga akses internet dapat maksimal,” tutupnya. (sya)

Update