Jumat, 29 Maret 2024

Bina Marga Prioritaskan Lokasi Banjir

Berita Terkait

Sebuah alat berat pengerukan tanah untuk pembuatan box culvert di Simpang kabil, Selasa (18/9). box culver yang dibuat untuk mengatasi banjir di persimpangan tersebut. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Pasca banjir di sejumlah lokasi termasuk jalan Raden Patah atau dekat Warung Upnormal, Lubukbaja. Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) terus mengebut pengerjaan saluran air di lokasi pelebaran jalan.

Seperti diketahui banjir merendam sejumlah jalan bahkan menyulitkan kendaraan melintas seperti yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Iya lagi kami kejar terus pengerjaannya,” kata Kepala DMBSDA Batam, Yumasnur, Kamis (20/9/2018).

Ia menyebutkan adanya pelebaran jalan di lokasi tersebut membuat aliran air tidak berjalan dengan baik. Hal ini diperparah dengan tingginya curah hujan yang terjadi, sehingga membuat terjadi banjir.

“Bangunan pelintasnya tengah dalam pengerjaan. Jadi itu yang kami prioritaskan dulu agar tidak terjadi banjir lagi,” sebutnya.

Lanjut Yumasnur, jalan Raden Patah menjadi salah satu yang prioritas saat ini. Melihat tingginya genangan air yang sempat membuat kendaraan kesulitan melintas.

“Progres nya sudah lumayan. Targetnya akhir tahun selesai. Jalan lebar berikut dengan drainasenya yang lebih baik dari sebelumnya,” beber Yumasnur.

Dia berharap pengerjaan yang dikebut beberapa hari pasca banjir tersebut bisa mengurangi genangan saat curah hujan turun. “Ya kalau hujan lagi mudah-mudahan tak banjir lagi lah,” lanjutnya.

Yumasnur mengungkapkan salah satu dampak dari pengerjaan jalan adalah terganggunya aliran air, sehingga menyebabkan air tergenang. Selain di Jalan Raden Patah, salah satu lokasi lain yang juga kebanjiran adalah SMPN 6 Batam.

“Karena juga ada pengerjaan di sana,” imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan saat ini pemerintah tengah melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas jalan di beberapa lokasi.

“Kalau banjir harap maklum saja ibu-ibu. Saya tujuannya baik tapi memang ada dampak yang terjadi,” kata Rudi usai meyerahkan sembako gratis CSR BRI di Aku Tahu Center. (yui)

Update