batampos.co.id – Informasi ada plang bertulis Jl. Relawan Jokowi di Galang didengar oleh Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Batam.

Selanjutnya, panitia pengawas kecamatan (panwascab) akan mendatangi lokasi.

Petugas akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan. “Kami arahkan Panwascam ke sana. Saya kira diturunkan saja cukup,” kata Ketua Bawaslu Kota Batam Syailendra Reza Irwansyah Rezeki di Batam, Sabtu (22/9).

Reza melanjutkan, penamaan jalan menjadi wewenang pemerintah. Tim di lapangan akan mencari tahu apakah memang nama jalan tersebut berasal dari pemerintah atau dibuat sendiri oleh pemilik lahan.

Tim juga akan mencari tahu apakah daerah tersebut hanya sebatas plakat nama jalan, atau ada hal lain seperti posko pemenangan dan lain sebagainya. Temuan akan menjadi bahan evaluasi Bawaslu dalam upaya mengawasi jalannya pemilu.

“Kami perlu tahu juga apa saja yang ada di sana. Kalau misalnya cuma nama jalan, kami turunkan sudah. Kalau ada yang lainnya, tentu harus ada persetujuan dari Bawaslu,” terang Reza.

Sebelumnya diberitakan, nama jalan di kawasasn Trans Barelang menarik perhatian warga. Yakni, Jl. Relawan Jokowi. Plakat itu tepatnya berada di di Jembatan 4 kawasan Bukit Bismilah, Kelurahan Sembulang, Kecamatan Galang, Batam.

Shapanan, 36, warga yang setiap hari melintasi jalan Trans Barelang mengaku terkejut atas adanya plang dengan ukuran sekitar 100 x 50 sentimeter tersebut. Di lokasi plang terpancang, memang ada jalan masuk menuju kebun milik warga.

Shapanan menduga plang tersebut dibuat orang-orang yang memang mengidolai dan menginginkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terpilih lagi di Pilpres 2019. “Tahu-tahu ada nama Jalan Relawan Jokowi. Terkejut juga bacanya,” kata Shapanan ketika dihubungi, Jumat (21/9).

(bbi/JPC)

Advertisement
loading...