Ilustrasi / Dok. JPNN

batampos.co.id – Sejumlah warga mengeluhkan lambatnya proses rujukan online Badan Penyelenggara jaminan sosial (BPJS) dari faskes pertama ke rumah sakit. Diantaranya peserta yang sudah dapat rujukan ke rumah sakit, namun namanya tak terdaftar di sistem rumah sakit.

“Kemarin dirujuk ke rumah sakit di kawasan Seraya, tapi nama saya tak ada dalam sistem. Padahal sudah ada rujukan online dari faskes pertama,” jelas Anis, warga Bengkong.

Menurut Anis, hal itu tak terjadi dengan dirinya saja, namun juga beberapa rekan lainnya.

“Ada juga teman di Batuaji, kejadiannya sama persis dengan saya,” imbuh Anis.

Kepala Bidang Penjamin Manfaat Primes BPJS Kesehatan Cabang Batam, Asfurina menjelaskan jika sistem rujukan online sudah lama diterapkan. Hanya saja, beberapa lalu ada perbaruan program sistem online.

“Sistem online ini sudah lama dan setiap faskes pertama yang menggunakan internet wajib memakai, mengonlinekan rujukan,” jelas Asfurina.

Disisi lain, ia tak membantah beberapa rujukan faskes pertama tidak terhubung cepat dengan rumah sakit. Hal itu diduga karena jaringan dan banyaknya penggunaan sistem tersebut.

“Beberapa waktu lalu memang ada karena banyak yang menggunakan. Jadi terhubungnya memang agak lambat,” ujar Asfurina.

Menurut dia, peserta aktif BPJS yang sudah mendapat rujukan, namun namanya tak terdaftar di rumah sakit yang dirujuk tidak perlu khawatir. Sebab adanya koordinasi antara petugas rumah sakit dengan petugas BPJS.

“Dicari tahu dulu apakah peserta aktif, lalun konfirmasi ke faskes pertama apakah benar memberi rujukan,” terang Asfurina. (she)

Advertisement
loading...