Dipecat DKP, Surya Terpaksa Ngutang Buat Makan



Suryo,48, meradang dan mendatangi DPRD Kota Batam, Selasa (22/1) karena dipecat oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) sebagai penggali parit di kawasan Batuampar sejak setengah bulan lalu.

Sejak dipecat, dia terpaksa meminjam uang dari tetangga untuk menghidupi istri dan dua orang anaknya. Ia mengecam keputusan DKP yang memecatnya dengan alasan umur.

Suryo mengaku dipecat awal Januari lalu tanpa alasan yang jelas. Ia mengaku faktor usia tidak masuk akal untuk memecatnya.

“Saya sekarang tidak bisa makan, terpaksa saya harus mengadu ke Dewan. Untuk makan saja sekarang, saya harus pinjam uang. Dan kadang kami tidak makan,” katanya.

Ia mengaku merasa dianaktirikan oleh Pemko Batam melalui dinas DKP, karena ia mengaku masih banyak petugas DKP yang umurnya lebih tua dari Suryo. Dari segi tenaga pun, ia mengaku tidak kalah dengan tenaga petugas kebersihan yang usianya lebih tua.

“Yang umurnya di atas 50 tahun pun masih banyak yang bekerja, ini saya yang masih muda dan tenaga masih kuat langsung dipecat, dengan alasan umurku yang sudah tua. Saya tidak terima dengan hal ini. Silakan di cek ke lapangan masih banyak yang lebih tua dari saya,”tambah Suryo.

Kedatangan Suryo ini disambut langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kota Batam Ruslan Kasbulatov. Ia menyayangkan sikap DKP yang memberhentikan Suryo dengan alasan sudah tua. Ia mengakui banyak pekerja di DKP yang umurnya sudah tua tetapi masih sanggup untuk bekerja.

Setelah melihat fisiknya, Ruslan juga berpendapat bahwa Suryo masih sanggup untuk bekerja keras. Ia berharap agar DKP mempertimbangkan dan menerimanya kembali untuk bekerja.

“Lihat fisiknya, dari segi tenaga saja kalau dia diadu denganĀ  saya dan kadis DKP, kami akan kalah. Makanya saya bingung dengan pemecatan ini. Kasihan anak dan istrinya sudah tidak makan,”kata Ruslan.

Kadis DKP Kota Batam Suleman Nababan mengaku tidak mengetahui hal tersebut dan akan mengeceknya. Ia juga mengakui umur Suryo tidak terlalu tua untuk bekerja di DKP. Ia juga mengaku akan mengevaluasi laporan tersebut. (ian)



Komentar Pembaca

komentar