Penerima BLSM di Batam Sekitar 46 Ribu KK



Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batam memperkirakan sedikitnya ada 46 ribu warga miskin di Batam yang akan menerima dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) sebagai kompensasi dinaikkannya harga bahan bakar minyak (BBM).

“Sementara kita masih merujuk data BPS (Badan Pusat Statistik Batam) tahun 2011, dimana penerima beras miskin di Batam ada 46 ribu warga,” kata Kamaruzzaman, Kepala Dinsos Kota Batam, siang tadi (22/6).

Kendati demikian lanjut bekas Camat Sekupang ini, data resmi warga penerima BLSM akan diumumkan secara resmi oleh Walikota Batam. Pasalnya saat ini tim masing-masing kelurahan sedang memvalidasi keluarga miskin.

“Data yang sudah ada bisa saja bertambah atau berkurang, tapi yang pastinya kita akan tetap berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan BPS,” urainya.

Perubahan tersebut dimungkinkan karena kemungkinan penerima raskin itu sudah meninggal dunia, beralih menjadi keluarga lebih sejahtera, rumah tangga sangat miskin maupun rumah tangga hampir miskin seperti misalnya pekerja yang kena PHK.

Disinggung kapan pembagian BLSM di Kota Batam? Pihaknya masih menunggu arahan teknis dari wali kota. Tapi yang pasti, pembagian ini akan serentak dilakukan di setiap kantor Pos yang ada di masing-masing kecamatan.

“Intinya pembagian BLSM sama seperti BLT dahulu, warga yang sudah punya kartu yang dibagikan oleh masing-masing kelurahan akan mengambilnya di kantor pos setempat,” jelas dia.

Tiap kepala keluarga miskin akan dapat jatah sebesar Rp 150 ribu yang akan langsung didistribusikan. (Thr)



Komentar Pembaca

komentar