Lowongan Kerja: Guru



Batam membutuhkan banyak guru baru untuk ditempatkan di wilayah hinterland kota Batam. Karena masih berada dalam masa moratorium, Kepala Disdik Kota Batam Muslim Bidin menyatakan, akan segera melakukan perekrutan guru di tahun 2014 nanti.

“Begitu moratorium selesai tahun 2014, kami minta diprioritaskan untuk guru dulu,” katanya.

Guru-guru tersebut dibutuhkan untuk tiga jenjang sekolah, Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Untuk satu SD, Disdik sedikitnya membutuhkan 6 tenaga guru selain Kepala Sekolah. Satu guru untuk satu kelas. Yakni sebagai wali kelas sekaligus sebagai guru kelas.

Sementara untuk jenjang SMP, Disdik membutuhkan sedikitnya 12 guru per-SMP. Ada tujuh SMP yang berada di wilayah hinterland kota Batam. Dengan demikian, total ada 84 guru SMP yang akan direkrut tahun depan.

Ketujuh SMP itu terletak di Pulau Kasu, Pulau Karas, Pulau Air Raja, Pulau Bulu, Pulau Bulang, Pulau Buliang, dan Pulau Pecung. Beberapa di antaranya masih berupa sekolah satu atap. Yakni, menyatunya jenjang SMP dan SD dalam satu atap.

“Sekarang ini, masih ada guru SMP yang sebenarnya adalah guru SD. Paginya mengajar SD, sorenya mengajar SMP,” kata Muslim lagi.

Sedang untuk jenjang SMA, Disdik membutuhkan tambahan guru sebanyak 16 guru per-SMA. Ada 9 SMA di wilayah hinterland kota Batam yang membutuhkan tambahan guru. Tujuh di antaranya adalah SMA di Pulau Kasu, Pulau Belakang Padang, Pulau Teluk Suntik, Pulau Karas, Pulau Bulu, Pulau Air Raja, dan Pulau Galang.

Terbatasnya tenaga guru di wilayah hinterland Kota Batam menjadi satu penyebab kurangnya kualitas pendidikan di wilayah tersebut. Hal itu diakui Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam Muslim Bidin.

Dari hasil ujian tryout UN yang digelar beberapa minggu lalu, jumlah siswa yang tak lulus didominasi dari sekolah-sekolah di wilayah hinterland kota Batam.

“Harap maklum kalau sekolah hinterland banyak tak lulus, karena semuanya serba terbatas. Sarana terbatas, guru pun terbatas,” katanya saat ditemui di Hotel Vista, Senin (25/3). (ceu)



Komentar Pembaca

komentar