Cantik dengan Sulam Alis



Lambat laun peran pensil alis mulai berkurang sejak hadirnya teknik sulam alis. Selain membentuk alis, tampilannya juga alami. Jika ingin datang ke sebuah acara, Anda tak perlu repot membentuk alis lagi.

alisdisulamSesekali, Malvina mengangkat dan menghadapkan layar ponsel pintar miliknya persis ke depan wajahnya. Bukan untuk mengoperasikan atau memainkan fiturnya, melainkan menatap pantulan wajahnya di layar ponsel. Saat itu, Malvina tengah melakukan perawatan pembentukan alis mata atau biasa disebut sulam alis di Studio Iins Sulam Alis yang ada di Nagoya Hill Mall Blok SF2 No.11 (Depan Studio 21). Wanita berkewarganegaraan Singapura itu ingin membuat penampilan wajahnya kian menarik dengan menguatkan karakter alisnya yang sebelumnya terlihat tipis dan kurang berbentuk.
Menurut Iin, Pemilik sekaligus terapis sulam alis dari Studio Iins Sulam, sulam alis mulai digemari sejak 3 tahun terakhir. Dari negeri asalnya di China, kata dia, teknik ini sebetulnya telah muncul beberapa dekade sebelumnya. Bahkan dulu, mempertajam bentuk alis telah dilakukan dengan teknik tato.

”Tapi kalau sulam alis itu berbeda dengan tato, meskipun yang bikin ngetren ini sebenarnya juga ahli tato sulam,” kata Iins disela kesibukannya menyulam alis Vina.

Pada teknik tato, Iin menjelaskan, menggunakan 5 atau 9 jarum untuk memasukkan tinta ke kulit tubuh seseorang. Bahkan, tingkat kedalaman tinta menembus hingga ke daging. Sementara sulam alis hanya menggunakan 1 jarum yang sangat halus dan tinta yang digunakan hanya berada di lapisan kulit teratas. Sehingga, kata dia, ketika diterapi biasanya si pasien tidak mengeluarkan darah atau merasakan sakit. Selain itu, tinta herbal ini juga tidak menutup pori-pori karena hanya berupa alur halus yang menyerupai rambut alis.

”Hasil desainnya juga kelihatan alami karena dibuat halus seperti alur-alur tumbuhnya rambut yang tidak menutup pori-pori,” urai Iin.

Selama ini, dia melanjutkan, sulam alis dipilih karena aman dan tidak ada efek samping. Itu karena, tinta yang digunakan berada di lapisan teratas kulit seseorang. Selain itu, tinta yang digunakan adalah jenis tinta herbal yang akan memudar seiring berjalannya waktu. ”Dalam kurun 2 atau 3 tahun ini (tinta sulam alis) akan hilang dengan sendirinya,” katanya.

Dengan sulam alis, seseorang akan tambah percaya diri dengan penampilannya. Itu karena, desain alis biasanya disesuaikan dengan tipikal dan karakter wajah seseorang. Sehingga, hasil sulaman alis akan membantu memperkuat karakter wajah seseorang.  ”Setelah disulam, biasanya aura wajahnya lebih terpancar karena alis punya peran terhadap pembentukan wajah seseorang,” ujar Iin yang memiliki sertifikat ahli dalam bidang sulam alis.

Model desain yang banyak digemari, tergantung dari bentuk dasar atau batang alis seseorang. Dari sana, dia dapat membentuk alis sesuai shading (garis bayangan) alis seseorang sehingga hasilnya nanti kelihatan lebih natural. Beberapa model yang terkenal, kata dia, antara lain 6D (6 dimensi) dan juga 3D atau 4D. Untuk model 6D, biasanya bentuk alis aslinya lebih besar dan lebar. Pengaplikasian sulam alis dipusatkan di tengah-tengah persebaran rambut alis sehingga kesan alami semakin terlihat. ”Sedangkan untuk 3D atau 4D ini untuk pelanggan yang rambut alisnya minim,” sebutnya.

Sedangkan untuk penggunaan warna alis, biasanya disesuaikan dengan warna rambut alis seseorang. Ada yang hitam, dan ada juga yang agak kecoklatan.  Setelah selesai disulam, lambat laun pola yang terbentuk akan semakin alami. Sehingga, seseorang tak perlu lagi memakai pensil alis untuk mempertajam atau membentuk alisnya karena secara otomatis bentuk dan warna itu telah melekat di alis seseorang. (ratna irtartik)



Komentar Pembaca

komentar