BBM Naik Akhir Juni



Pemerintah memastikan akan menaikan harga bahan bakar minyak (BBM)  pada akhir Juni 2013 menunggu penyelesaian pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Perubahan 2013.

Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar mengatakan, pembahasan RAPBN-P 2013 ditargetkan tuntas pada Senin, 17 Juni mendatang dan bisa disahkan menjadi undang-undang dalam rapat paripurna DPR. “Itu kan sudah masuk minggu ke tiga, jadi setelah itu bisa ditetapkan soal (kenaikan harga) BBM,” ujarnya di sela rapat kerja dengan Komisi XI DPR Senin (27/5) lalu.

Menurut Mahendra, kenaikan harga BBM tidak bisa diundur lebih lama lagi. Sebab, selain potensi penghematan yang akan makin tipis, mundurnya kenaikan harga BBM juga dikhawatirkan akan bertabrakan dengan masa tahun ajaran baru dan Bulan Puasa yang bakal memicu lonjakan kenaikan harga atau inflasi.

“Jadi, jadwalnya harus tepat (pembahasan RAPBN-P 2013, Red), kalau meleset dari itu, risikonya menjadi besar,” katanya.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana menambahkan, mepetnya waktu membuat pemerintah terus mengebut persiapan program kompensasi atas kenaikan harga BBM. Selain Bantuan Langsung Sementara (BLSM) Rp 150 ribu per bulan untuk 15 juta kepala keluarga, pemerintah juga menyiapkan kompensasi pedesaan. “Nilainya Rp 350 juta per desa atau kelurahan miskin,” ujarnya. (spt/jpnn)



Komentar Pembaca

komentar