Daftar Online Siswa Baru di 86 Sekolah



BATAM (BP) – Pendaftaran peserta didik baru (PPDB) 2013/2014 di 86 sekolah negeri di Batam menggunakan sistem online. Pendaftar tetap harus datang ke sekolah atau ke mal-mal seperti tahun lalu, namun hasilnya bisa dilihat langsung dari rumah lewat laman www.ppdb.kemdikbud.go.id/batam.

Menurut Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Batam Andi Agung, PPDB online di 86 sekolah itu akan berlangsung selama empat hari mulai Senin (1/7) hingga Kamis (4/7).

“PPDB online ini dari SD sampai SMA,” katanya mewakili Kadis Pendidikan Batam Muslim Bidin, kemarin.

Dari 86 sekolah yang membuka pendaftaran online, ada 44 SDN, 29 SMPN, delapan SMAN, dan lima SMKN.

SD yang membuka pendaftaran online di antaranya SDN 001 – SD 009 Batam Kota, SDN 001 – 004 Batuaji, SDN 001 – SDN 004 Belakangpadang, dan lainnya.

Sementara untuk SMPN yang membuka pendaftaran online di antaranya, SMPN 1 – SMPN 12, SMPN 16, SMPN 17, SMPN 20, dan lainnya. SMAN yang membuka pendaftaran online yakni SMAN 2, SMAN 4, SMAN 5, dan lima SMAN lain. Sedangkan SMKN mulai dari SMKN 2 – SMKN 6.

Andi mengatakan, meski menggunakan sistem online, pendaftar masih diwajibkan datang  ke sekolah untuk mengisi data diri pendaftaran dan mengecek keaslian berkas calon siswa.

“Peserta saat mendaftar masih harus hadir ke sekolah yang dituju untuk mengisi data diri di formulir pendaftaran. Yang dimaksud online itu, lolos tidaknya pendaftar nantinya bisa dicek langsung di website

www.ppdb.kemdikbud.go.id,” kata Andi.
Selain membuka pendaftaran online, Dinas Pendidikan juga menerapkan pendaftaran manual di sekolah-sekolah di pulau-pulau atau disebut sekolah hinterland seperti di Galang dan Bulang. Hanya sebagian sekolah di Belakang Padang yang online.

Sedangkan untuk sekolah unggulan, pendaftarannya manual dan digelar lebih cepat. Sekolah-sekolah unggulan itu adalah SDN 006 Sekupang, SMPN 6 Seipanas, SMAN 3 Batam, SMKN 1 Batam, dan SMA 1 Batam.

Pendaftaran sekolah unggulan dibuka mulai Senin (17/6) sampai Sabtu (22/6). Khusus SMK, pendaftar diwajibkan mengikuti ujian tes kejuruan yang dilakukan pada bulan Juli.
Andi mengatakan, bagi siswa luar Batam atau pindahan dari luar daerah yang ingin mendaftar ke sekolah di Batam, pendaftarannya harus melalui Disdik Batam, bukan di sekolah langsung.

Proses seleksi PPDB bagi pendaftaran melalui sistem online, Andi mengatakan, akan dilakukan pada 5 Juli. Tiga hari setelahnya, pendaftar yang lulus atau diterima akan diumumkan. Setelah itu 12  hingga 13 Juli daftar ulang. Itu berlaku untuk sekolah mulai tingkat SD hingga SMA.

“Untuk pendaftar di sekolah unggulan, seleksi penerimaan akan dilakukan selama tiga hari dimulai 24 hingga 26 Juni. Dua hari setelahnya adalah pengumuman, dan terakhir daftar ulan 1 sampai 3 Juli lebih cepat sebulan dibandingkan sekolah non unggulan,” tutur Andi.(gas)



Komentar Pembaca

komentar