Kejutan April, Mubaligh Kota Batam Terima Insentif



Para penceramah (mubaligh) kota Batam akan segera menerima insentif pekerjaan per April 2013 nanti. Masing-masingnya akan menerima Rp 250 ribu per bulan.

ilustrasi

ilustrasi

Ketua Persatuan Mubaligh Batam (PMB) Zulkarnaen Umar menyatakan, insentif ini akan diberikan hanya kepada 400 anggota PMB yang telah lulus seleksi. Sementara, jumlah total anggota PMB sekota Batam mencapai 800 orang.

“Ini kurang. Dari hasil seleksi yang kami buat, mubaligh yang layak menerima jumlahnya ada 580 orang,” katanya saat ditemui di sela-sela Rapat Kerja 2 dan Pembinaan PMB Kecamatan Nongsa di Masjid Al-Halim Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Kepri Nongsa, Minggu (31/3).

PMB mau tak mau kembali melakukan seleksi. Seleksi tersebut meliputi, tiga hal. Pertama, mubaligh harus tidak tergabung dalam Ikatan Persaudaraan Imam Masjid (IPIM). Kedua, sudah memiliki sertifikasi. Dan ketiga, terhitung aktif sebagai mubaligh.

Angka Rp 250 ribu, menurut Zulkarnaen terhitung kecil. Ini sama dengan honor untuk guru TPQ. Padahal, honor imam masjid itu sebesar Rp 400 ribu. Zulkarnaen berharap di tahun yang akan datang, jumlah honor untuk mubaligh, imam masjid, dan guru TPQ akan seragam.

“Inginnya mengikuti insentif imam masjid, Rp 400 ribu,” katanya.

Setiap mubaligh yang namanya tercantum dalam daftar penerima dana insentif  wajib menandatangani amprah. Dalam raker tersebut, 50 orang anggota PMB Kecamatan Nongsa melakukan penandatanganan amprah.

“Jumlah anggota kami ada 80 orang, tapi hanya 50 orang yang berhak mendapatkan insentif,” kata Ketua PMB Kecamatan Nongsa Rusdi Syafi’i dalam kesempatan yang sama.

Rusdi berharap, insentif ini dapat meningkatkan taraf hidup para penceramah di Kecamatan Nongsa. Dua puluh persen dari total anggotanya, masih hidup dalam keterbatasan.

Pria yang kembali menjabat sebagai pimpinan PMB Kecamatan Nongsa untuk kali kedua itu berencana membuat sebuah koperasi. Tujuannya, untuk membantu anggota yang kekurangan uang.

“Misalnya dengan menyediakan sembako,” katanya. (ceu)



Komentar Pembaca

komentar