Sinema

Sinema

Mahershala Ali, Aktor Muslim Pertama Peraih Oscar

Mahershala Ali bersama istri Amatus. (Twitter Mahershala Ali)

batampos.co.id – Pencapaian Mahershala Ali, 43, aktor muslim pertama peraih Oscar.

Pada Academy Awards 2017 ia menyabet Best Supporting Actor dalam film Moonlight.

Ia menyisihkan Dev Patel (Lion), Lucas Hedges (Manchester by The Sea), serta Michael Shannon (Nocturnal Animals) dan Jeff Bridges (Hell or High Water).

Mari mengenal dekat dengan ia.

Menikah dengan musisi, Amatus – Ali dan Amatus yang telah saling mengenal sekitar 20 tahun ini bertemu dalam masa studi. Saat itu keduanya sedang menyelesaikan master degree di New York University. Meski telah mengenal lama satu sama lain, namun keduanya baru saja menikah pada 2013.

Baru saja menjadi Ayah – Siapa kira Ali baru saja memasuki fase baru dalam hidupnya sebagai ayah dari Bari Najma Ali. Bayi perempuan tersebut lahir pada 22 Februari 2017. Hal itu memang diutarakannya dalam pidato kemenangannya di Oscar kemarin. ’

’Untuk istri saya terima kasih, khususnya saat kondisi kehamilannya trimester ketiga selama proses penghargaan ini. Dia mendampingi dan menemani saya seperti tentara yang selalu siap, saya sangat menghargainya,’’ ujarnya.

Pecinta Kucing – Sebagai seorang muslim, Ali rupanya mengerti dia tidak bisa memelihara beberapa hewan peliharaan seperti Anjing. Oleh karena itu, pilihannya jatuh pada Kucing. Dia mempunyai dua kucing yang diberi nama Nas dan Noor.

Bangga Kampung Halaman – Ali sangat bangga akan tempat asalnya. Dia lahir di Oakland, California dan tumbuh besar di Hayward, kota yang berjarak lima kilometer dari Oakland. Meski sekarang dia tinggal di Venice, California. Namun dia masih sering menghadiri acara di kampung halamannya, misalnya reuni St Mary College di Moraga, pinggiran San Francisco.

Pernah ikut casting Game of Thrones – Dalam pengakuannya di Jimmy Kimmel live!, Ali mengatakan pernah mengikuti audisi TV series Game of Thrones season tiga.

’’Saya casting sebagai pedagang di Westeros. Saya telah menghapal semua script dan gerakan khusus dengan kursi yang disyaratkan,’’ ungkapnya. Sayangnya saat tiba waktu audisi, tidak ada kursi dalam area casting tersebut.

’’Itu adalah casting terburuk dalam hidup saya,’’ ujarnya tertawa.

Dicampakkan oleh Pacar Pertama – Dalam sebuah wawancara, Ali pernah mengaku dia pernah punya pengalaman menyedihkan, yaitu dicampakkan pada kencan pertama oleh pacar pertamanya.

’’Hanya 10 menit setelah kencan pertama kami berlangsung, dia pergi,’’ ucapnya.

Setelah itu Ali menyadari, cewek itu merasa kesal karena ulahnya yang terlalu banyak bicara.

Bangga Menjadi Muslim – Ali tidak pernah takut menyuarakan pendapat terhadap nilai yang dianggapnya benar. Salah satu moment Ali bicara, yaitu saat pidato kemenangannya dalam Screen Actors Guild Award untuk kategori pembantu pemeran pembantu pria terbaik. Dia berpendapat mengenai pentingnya toleransi antar agama setelah President Trump mengeluarkan keputusan travel banned untuk tujuh Negara mayoritas Islam. (time/ina/tia)

Diluar Prediksi, Moolight Raih Piala Oscar

Produser La La Land Jordon Horowits menunjukkan kartu yang menyatakan Moonlight sebagai penerima Piala Oscar. (Reuters)

batampos.co.idLa La Land digandang-gadang akan bawa pulang Piala Oscar kategori best picture tapi rupanya prediksi itu meleset.

Film musikal itu kalah dengan Moonlight. Film yang mengisahkan tentang remaja kulit hitam itu menempati posisi tertinggi dalam perhelatan yang dinantikan insan perfilman seluruh dunia tersebut. Kekalahan La La Land pun sangat dramatis.

Aktor gaek Warren Beatty saat membacakan nama pemenang menyebutkan La La Land sebagai best picture. Gempita pun tak terelakkan. Semua pendukung La La Land naik ke atas panggung untuk menerima penghargaan tersebut.

Namun, tak lama setelah semuanya naik, ada sedikit kegaduhan di atas panggung. Ternyata, Beatty salah membacakan nama pemenang. Dia mengatakan, dia diberikan amplop yang salah untuk dibuka. Buntutnya, nama La La Land lah yang disebutkan olehnya. Padahal yang menang adalah Moonlight.

Namun, meski demikian, La La Land tidak pulang dengan tangan hampa. Emma Stone yang menjadi pemeran utama dalam film itu pulang membawa piala aktris terbaik.

Sutradara La La Land, Damien Chazelle, juga dinobatkan sebagai sutradara terbaik dan menjadi sutradara termuda yang mendapatkan Oscar. Total, La La Land yang mendapatkan 14 nominasi, berhasil menang enam kategori termasuk soundtrack terbaik untuk City of Stars. (Reuters/tia)

Mengintip Promo Tur Beauty and The Beast di Eropa

batampos.co.id – Tim Beauty and the Beast melanjutkan rangkaian promo film di Eropa.

Tujuan keduanya adalah Inggris, ”rumah” sebagian besar para cast film tersebut.

Pada Kamis malam waktu setempat (23/2), mereka mengadakan premiere di Spencer House, dilanjutkan dengan pemutaran perdana terbatas untuk 1.600 orang di bioskop Odeon Leicester Square.

Acara tersebut dihadiri para cast utama; Emma Watson, Dan Stevens, dan Luke Evans. Josh Gad dan para pemeran ”furnitur” hidup di kastil Beast juga hadir.

Termasuk pemeran si cangkir mungil Chips, Nathan Mack. Sementara itu, tim produksi diwakili sutradara Bill Condon dan musical director Alan Menken.

Event karpet merah dilaksanakan di tengah cuaca dingin, namun para fans tetap menyambut hangat para cast. Para bintang yang hadir juga terlihat gembira. Mereka beberapa kali berhenti di karpet merah untuk berfoto dan memberikan tanda tangan.

Pemeran Gaston, Luke Evans, berfoto bersama para pelayan kedai kopi di dekat venue. Pemeran Belle, Watson, juga melayani permintaan selfie para fans.

Meski belum dirilis resmi, para fans –terutama penggemar kisah drama– tampaknya bisa berharap banyak pada Beauty and the Beast. Sebab, kisah film itu bakal sangat romantis.

”Film ini menyenangkan dan sangat romantis. Kadang-kadang kita butuh film seperti itu kan. Setelah nonton, kita bakal merasa sangat berbunga-bunga,” papar Watson.

Aktris yang melejit lewat serial Harry Potter itu juga senang memerankan Belle. Sebab, karakternya mewakili perempuan kuat dan cerdas. Hal sebaliknya justru diungkapkan Dan Stevens. Pemeran Beast itu khawatir film tersebut punya rasa ”beda” dan tidak diterima fans.

”Agak khawatir dan deg-degan dengan hasilnya. Apalagi, Beauty and the Beast adalah dongeng favoritku saat kecil,” tuturnya.

Sutradara Bill Condon mengungkapkan, dirinya memang sengaja membuat beberapa penyesuaian di film Beauty and the Beast.

”Aku dan Emma berupaya mengubah sedikit detail, membuat cerita lebih dalam. Jadi, pesan empowerment-nya tetap tersampaikan buat penonton sekarang,” tegasnya.

Namun, dia tetap mempertahankan visual dan musik yang sudah melekat di benak penonton, sesuai versi aslinya.

”Lagu-lagu di film ini sangat kuat dan memorable. Aku melakukan improvisasi di beberapa lagu, tapi tidak mengubah tempo atau lirik,” papar music director Alan Menken.

Pria yang beberapa kali menggarap scoring animasi Disney itu menyatakan puas dengan hasil reboot Beauty and the Beast.

”Rasanya, tidak ada yang berubah. Jika menyimak penuh, kita bakal tetap puas menyaksikannya,” imbuh Menken. (fam/c6/ayi/tia)

Menantikan Keseruan Beauty and the Beast versi Live Action

batampos.co.id – Disney merilis Beauty and the Beast versi live action-nya pada 17 Maret mendatang.

Sepekan ini, para fans dihujani rilisan video wawancara para pemain dan orang-orang di belakang layar. Mereka mengungkap kekuatan film tersebut. Apa saja itu?

Perwujudan Versi Animasi – Bagi sutradara Bill Condon, menggarap Beauty and the Beast adalah kesempatan hebat.

Menurut dia, versi animasi yang dibuat pada 1991 itu sudah sangat sempurna. Dia ingin membuatnya menjadi nyata. Banyak adegan di film animasi yang diadaptasi dengan begitu bagus di versi live action. Cordon dan tim tidak menggunakan teknologi green screen untuk setting suasana kastil Beast maupun provincial, desa kecil tempat Belle tinggal.

Mereka benar-benar membuat sebuah desa dengan begitu detail dalam skala nyata.

”Penggarapan setnya sangat luar biasa. Susah dipercaya,” kata Emma Watson, pemeran Belle, memberikan pujian.

Ian McKellan, pemeran Cogsworth, juga menyatakan hal serupa.

”Seluruh tim berkonsentrasi penuh demi menciptakan sesuatu yang luar biasa,” tuturnya.

Musikalitas Jempolan – Namanya film musikal, tentu unsur musik dan lagu diperhatikan dengan maksimal. Musik dipercayakan kepada Alan Menken, sound director Beauty and the Beast versi animasi.

Sementara itu, theme song Tale as Old as Time dibawakan duet menawan Ariana Grande dan John Legend.

Ada pula Josh Groban yang menyanyikan soundtrack Evermore. Lagu tersebut menggambarkan perasaan Beast ketika mengembalikan Belle kepada ayahnya, Maurice.

Emma Watson sebagai pemeran utama ikut memamerkan suaranya.

”Selama tiga bulan, saya berada di kamp latihan. Empat kali seminggu berlatih menyanyi, lima kali seminggu berlatih menari, dan tiga kali seminggu reading. Semua dilakukan pada waktu yang sama. Untung, kepala saya tidak meledak,” katanya kepada Entertainment Weekly.

Princess Smart – Belle digambarkan sebagai penemu eksentrik, sama seperti sang ayah. Dia mengembangkan prototipe mesin cuci manual agar tetap bisa membaca sambil mengerjakan pekerjaan rumah.

Sosoknya yang cerdas dan hobi membaca membuat dirinya dijauhi orang sekitar. Kultur saat itu meyakini bahwa perempuan hanya ditakdirkan untuk melakukan tugas domestik.

Sejumlah fans menduga Belle mengalami sindrom Stockholm. Yakni, munculnya rasa percaya dan suka dari seorang tawanan kepada penculik atau penangkapnya.

Namun, Watson membantahnya. Aktris kelahiran 15 April 1990 itu menjelaskan, hubungan Belle dengan Beast (Dan Stevens) diawali kecurigaan dan benci.

Belle sering mempertanyakan Beast yang sering mempersulitnya. Tidak pasrah dan asal menerima seperti pengidap sindrom Stockholm.

Pesan Khusus – Menurut Watson yang merupakan duta PBB untuk gerakan kesetaraan He for She itu, Beauty and the Beast punya pesan bagus untuk para perempuan.

”Ini mungkin kisah dongeng, tapi ceritanya tidak cuma tentang cinta atau prince charming. Film ini juga mengajarkan kepada perempuan untuk berani melawan hambatan yang tak mungkin demi mencapai kebahagiaan mereka sendiri,” jelasnya. (fam/c16/ayi/tia)

Wiro Sableng 212, akan Tampil di Layar Lebar

batampos.co.idWiro Sableng 212 the movie akan segera digarap.

Film ini nantinya akan banyak menggunakan efek visual layaknya film action Hollywood. Life Like Pictures selaku rumah produksi dalam film action ini akan dibantu Fox International untuk proses produksinya.

Namun sang produser, Lala Timothy mengatakan, untuk urusan efek visualnya akan digarap oleh animator asli Indonesia.

“Akan melibatkan kreator-kreator lokal. Animator Indonesia banyak yang mampu buat visual effect seperti Star Wars atau Star Trek, nah film ini sebagai wadah bagi mereka untuk berkreasi,” ungkap Lala saat konferensi pers di Luwansa Hotel, Jakarta Selatan, Kamis (9/2).

Lala menceritakan, pembuatan efek visual dalam film yang diadaptasi dari buku serial silat karya almarhum Bastian Tito itu akan dikerjakan di luar negeri.

“Kami ada technical advisor. Terus terang proses akhirnya akan dimana kami belum putuskan karena masih jalan terus. Meskipun belum tau visual effect-nya akan digarap di negara mana, Fox akatech membantu technical advisor kami yang orang Indonesia,” ungkap kakak dari Marsha Timothy ini.

Wiro Sableng 212 akan digarap oleh sutradara Angga Dwimas Sasongko. Aktor sekelas Vino G Bastian, yang tak lain adalah anak dari almarhum Bastian Tito akan membintangi film ini, termasuk aktor-aktor laga level internasional seperti Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman. (mg5/jpnn)

14 Nominasi untuk La La Land

batampos.co.id – La La Land merengkuh 14 kategori nominasi dalam ajang Academy Awards ke-89

Itu adalah salah satu film dengan nominasi terbanyak sepanjang perhelatan Academy Awards yang memperebutkan Piala Oscar tersebut. Selain La La Land, Titanic, dan All About Eve juga pernah mendapatkan nominasi terbanyak.

Film musikal yang diperankan oleh Emma Stone dan Ryan Gosling itu pun berkesempatan memecahkan rekor penerima Oscar terbanyak mengalahkan Ben-Hur, Titanic, dan The Lord of the Rings: The Return of the King, yang masing-masing pernah mendapatkan 11 Oscars. Berikut adalah daftar nominator Oscar yang diumumkan Selasa (24/1).

Best Picture – Moonlight, La La Land, Lion, Manchester By the Sea, Fences, Arrival, Hell or High Water, Hidden Figures, Hacksaw Ridge, Barry Jenkins

Best Director – Damien Chazelle – La La Land, Barry Jenkins – Moonlight, Kenneth Lonergan – Manchester By the Sea, Denis Villeneuve – Arrival, Mel Gibson – Hacksaw Ridge,

Best Actress – Natalie Portman – Jackie, Emma Stone – La La Land, Meryl Streep – Florence Foster Jenkins, Isabelle Huppert – Elle, Ruth Negga – Loving

Best Actor – Casey Affleck – Manchester By the Sea, Andrew Garfield – Hacksaw Ridge, Denzel Washington – Fences, Viggo Mortensen – Captain Fantastic, Ryan Gosling – La La Land

Best Supporting Actress – Viola Davis – Fences, Octavia Spencer – Hidden Figures, Nicole Kidman – Lion, Naomie Harris – Moonlight, Michelle Williams – Manchester By the Sea

Best Supporting Actor – Dev Patel – Lion, Jeff Bridges – Hell or High Water, Mahershala Ali – Moonlight, Lucas Hedges – Manchester by the Sea, Michael Shannon – Nocturnal Animals

Best Original Screenplay – Kenneth Lonergan – Manchester By the Sea, Damien Chazelle – La La Land, Taylor Sheridan – Hell or High Water, Mike Mills – 20th Century Women, Yorgos Lanthimos, Efthymis Filippou – The Lobster

Best Adapted Screenplay – August Wilson – Fences, Barry Jenkins – Moonlight, Luke Davies – Lion, Allison Schroeder, Theodore Melfi – Hidden Figures, Eric Heisserer – Arrival

Best Cinematography – Linus Sandgren – La La Land, Grieg Fraser – Lion, Bradford Young – Arrival, James Laxton – Moonlight, Rodrigo Prieto – Silence

Best Animated Film – Zootopia, Kubo and the Two Strings, Moana, The Red Turtle, My Life as a Zucchini (DAILY MAIL/tia)

Bintang Asia pada xXx: Return of Xander Cage Rupanya …

Dari kiri, Vin Diesel, Donnie Yen, dan Deepika Padukone dalam xXx: Return of Xander Cage. (PARAMOUNT PICTURES)

batampos.co.id – Agen Xander Cage beraksi lagi pada sekuel ketiga xXx: Return of Xander Cage.

Sebelumnya Agen Xander Cage yang diperankan Vin Diesel Absen pada film kedua xXx: State of the Union (2005).

Sebetulnya, sejak sebelum film pertama xXx yang dirilis pada 2002, Diesel menandatangani kontrak untuk bermain pada sekuel kedua. Namun, akibat ada benturan jadwal lantaran mesti berakting untuk The Pacifier, Diesel pun undur diri. Peran utama diserahkan kepada Ice Cube yang menjadi Darius Stone.

Kembalinya Diesel tersebut menjadi harapan bagi xXx untuk meraih kesuksesannya lagi. Meski meraih poin kurang memuaskan di mata kritikus, film pertama sukses menarik penonton ke bioskop dengan meraup total pemasukan USD 277,4 juta (Rp 3,7 triliun) secara worldwide.Jauh berbeda jika dibandingkan dengan pendapatan film kedua yang hanya memperoleh USD 71 juta (Rp 948 miliar).

Di bawah arahan sutradara D.J. Caruso, Return of Xander Cage menerapkan formula yang berbeda. Film yang dirilis di Indonesia mulai kemarin itu memasang sejumlah bintang Asia untuk mendampingi Diesel.

Di antaranya, aktor bela diri Donnie Yen dari Hongkong dan aktris sekaligus musisi Kris Wu asal Tiongkok.

Yen yang namanya makin melejit di Hollywood setelah bermain sebagai pendekar buta Chirrut Imwe pada Rogue One: A Star Wars Story memerankan Xiang, tokoh musuh yang awalnya dilatih sebagai agen xXx.

’’Xiang adalah tokoh yang keren. Supaya bisa berteman dengan Xander, dia tetap bertengkar lebih dulu,’’ tutur Yen sebagaimana dikutip The Sun. Sementara itu, Kris bakal memerankan ahli TI yang juga menguasai senjata api, Harvard ’’Nicks’’ Zhou.

Wajar bila Paramount mengontrak dua aktor tersebut. Keduanya memiliki pengaruh di Tiongkok. Meski merupakan bintang Hongkong, nama bintang Ip Man itu sangat besar di sana. Kris mempunyai pasar lain. Mantan personel boyband EXO tersebut memiliki basis fans remaja perempuan yang kuat di tanah kelahirannya.

Kris dan Yen diplot sebagai booster di negara yang juga pasar asing terbesar buat film Hollywood tersebut. Untuk mendukung pemasaran, Paramount kembali bekerja sama dengan perusahaan Tiongkok, Huahua Media dan Shanghai Film Group.

’’Kami gembira bisa berkolaborasi lagi dengan dua perusahaan tersebut. xXx: Return of Xander Cage adalah film dengan action luar biasa,’’ ungkap Presiden Distribusi dan Marketing Global Paramount Megan Colligan.

Sebelumnya, Paramount juga bekerja sama dengan Huahua Media untuk film Transformers: Age of Extinction (2014). Kolaborasi itu sangat manjur. Film yang disutradarai Michael Bay tersebut sukses di Tiongkok. Bahkan, film keempat Transformers itu tercatat sebagai film Hollywood pertama yang mencatat penghasilan lebih dari USD 300 juta (Rp 4 triliun) di sana.

Strategi memasang artis non-Amerika Serikat, tampaknya, mulai menampakkan hasil. Salah satunya di negara asal Deepika Padukone, India. Pada event penayangan perdana terbatas pada akhir pekan lalu, film tersebut meraup pendapatan USD 4,2 juta (Rp 56,1 miliar).

Rekanan distributor xXx di negara di selatan Asia itu, Viacom18 Motion Picture, optimistis pendapatan Return of Xander Cage bakal memuaskan. ’

’Dengan paduan Deepika di jajaran cast utama dan kunjungan Diesel yang berkesan, kami yakin pasar film India memegang peranan penting buat film ini,’’ ujar Ajit Andhare, COO Viacom18 Motion Picture, sebagaimana dikutip Hollywood Reporter. (fam/c14/ayi/tia)

Drama Korea My Sassy Girl Tayang di Televisi

batampos.co.id – Anda yang gemar drama Korea, ada kabar gembira untuk Anda.

Drama remake My Sassy Girl segera tayang tahun ini.

Drama ini dibintangi Joo Won dan Oh Yeon Seo.

My Sassy Girl telah dipastikan akan tayang pada Mei 2017 pada hari Senin-Selasa di channel SBS,” kata jubir drama My Sassy Girl, seperti dilansir laman Soompi.

My Sassy Girl adalah drama kisah cinta pada Dinasti Joseon.

Joo Won memainkan karakter Kyeon Woo yang memiliki kemampuan otak unik dan kepribadian kasar.

Sementara itu, Oh Yeon Seo akan berperan sebagai Hye Myung.

Para pemain dan kru sudah mulai syuting karena ini adalah drama praproduksi.(fny/jpnn)

Mikha Tambayong Jatuh Cinta Pada Sahabat Sendiri

Mikha Tambayong.

batampos.co.id – Aktris cantik Mikha Tambayong kini sedang sibuk mempromosikan film terbarunya, Promise. Cewek asal Manado, Sulawesi Utara itu tidak sendiri. Dia bersama dengan Dimas Anggara dan Amanda Rawles.

Salah satu daerah yang dituju Mikha adalah Makassar, Sulawesi Selatan. Ketiganya berkunjung ke redaksi koran terbesar di Sulsel, Harian Fajar (Jawa Pos Group), Rabu (4/1).

Dalam film Promise, Mikha memerankan sosok Moza yang jatuh cinta pada Rahman.

“Waw, di sini saya jadi sedikit baper ya karena suka sama sahabat sendiri,” kata Mikha.

Rahman yang diperankan Dimas merupakan seorang cowok Jogja yang berwajah tampan namun lugu dan sederhana, sangat berbeda dengan sahabatnya sejak kecil yaitu Aji.

Moza dan Rahman menjadi teman kuliah. Dari sanalah dimulainya cerita yang muncul menjadi sebuah teka teki.

Dimas belum bisa memprediksi jumlah penonton yang bakal didapat film Promise. Sebagai aktor, dia mengaku sudah berusaha memberikan yang terbaik untuk film ini.

Apalagi dari segi cerita, Promise lebih menarik dari film-film terdahulunya.

“Di sini lebih seru sih, cuma kalau pas ditontonnya saya belum tahu. Target saya utamanya lebih ke penonton yang nonton film ini, keluar dengan bahagia,” tuturnya.

Menjadi bukti keseriusannya terhadap film Promise, Dimas merelakan libur akhir tahun demi promosi film tersebut.

Menurutnya, hal itu juga menjadi konsekuensi memiliki film yang tayang di awal tahun.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya dan saya harap tahun-tahun kedepannya juga indah. Saat ini saya fokusnya promosi film, karena saya pribadi yakin dengan film ini,” pungkas Dimas. (Mg07/aci/jpnn)

Hangout Tembus 2 Juta Penonton, Prilly Latuconsina Penuhi Nazar

Prilly Latuconsina. (foto: jpnn)

batampos.co.id – Aktris cantik Prilly Latuconsina akhirnya memenuhi nazarnya untuk menggendong kucing milik Raditya Dika.

Pasalnya, tepat Selasa (3/1/2017), pukul 19.30 WIB, jumlah penonton film Hangout sudah mencapai 2 juta.

Meski dibuat ketakutan setengah mati bahkan mengaku nyaris pingsan, Prilly berhasil melakukan tantangan yang dibuatnya sendiri.

“Ini dia janji saya! Sumpah ini prosesnya panjang bgtt!! Yang bener2 gendong ada di vlognya ka @raditya_dika udah hampir pingsan sumpahhhh,” tulis Prilly dalam keterangan video yang diunggahnya. (pst)

Berikut videonya:

TOP THREE

Warga Batam, Urus Paspor Jangan Antre Lagi Ya…..

Amat Tantoso: Jangan Biarkan Batam Bangkrut

Proyek Pelebaran Jalan di Batam segera Selesai

ad-dpc-pkb-17agustus-rev2