Kendaraan bermotor merupakan salah satu kebutuhan masyarakat saat ini. Jalan raya juga menjadi kepentingan publik. Apalagi jalan raya di Batam tidak terlalu panjang serta kendaraan juga padat. Kecelakaan lalulintas juga kerap terjadi. Siapa saja yang berkendaraan di jalan wajib mematuhi semua peraturan yang ada.

Nah, sebenarnya ada enam prinsip dasar berlaluu lintas yang patut diketahui dan dipahami oleh para pengendara seperti dikutip batampos.co.id dari laman NTMC Korlantas Mabes Polri.

Enam prinsip dasar itu yakni: (spt)

1. Berlalu Lintas adalah Kebutuhan bersama maka semua orang harus berperilaku sedemikian rupa sehingga tidak saling menghambat dan tidak saling membahayakan.
2. Berlalu Lintas bukan hanya karena berkendaraan tetapi Pejalan kaki pun termasuk di dalamnya yang juga diatur dan dilindungi dengan rambu-rambu.
3. Keselamatan anda dalam berlalu lintas adalah Tak…dir Tuhan Yang Maha Kuasa yang anda sendiri harus mengusahakannya.
4. Dalam Berlalu lintas anda harus selalu sadar akan keselamatan jiwa anda sendiri dan peduli akan keselamatan jiwa orang lain.
5. Setiap saat bahaya mengancam, waspadalah terhadap adanya indikasi rawan kecelakaan dan kemungkinan ada orang lain yang lalai berbuat kesalahan, setiap saat anda harus selalu siap mengantisipasinya agar terhindar dari kecelakaan.
6. Pedulilah pada Lingkungan dan jangan merugikan pihak lain dengan tidak melakukan pencemaran, kebisingan dan tidak melakukan pelanggaran.

Respon Anda?

komentar