Menteri Agraria dan Tata Ruang dan BPN RI Ferry Mursyidan Baldan berkunjung ke BP Batam, Senin (12/1). Kunjungan ini dalam rangka menjalin kerjasama Database Pertanahan dan Pemanfaatan Layanan IT Center di BP Batam.

Donald Panjaitan kepala pusat pengelolaan data dan sistem informasi BP Batam mengatakan keunggulan data center BP Batam karena di luar motivasi bencana. Karena ini sangat menjadi aman untuk penyimpanan data. Selain itu Batam juga merupakan gateway internasional. Di mana letaknya yang sangat dekat dengan Singapura juga sangat menguntungkan.

“Kita tahu Singapura merupakan hub untuk semua It internasional. Jadi letak Batam yang sangat dekat juga sangat menguntungkan,” katanya.

Kolonel Yuda Gunadi bagian persandian  IT Center BP Batam untuk menjamin bahwa data yang tersimpan aman di sana. Sistem pengamanan yang dimiliki adalah sistem pengamanan fisik berupa keselamatan gedung termasuk kebakaran dan bencana. Semua kemanan pengamanan data berstandar internasional. Dan dipantau selama 24 jam setiap hari.

“Kalau misalnya ada masalah maka akan langsung terpantau. Misalnya ada kebakaran, maka yang kena efeknya hanyalah yang sekitar ruangan yang terjadi kebotakan tersebut,” katanya. (ian)

Respon Anda?

komentar