Dinas Perdagangan, Perindustrian dan ESDM Kota Batam mengklaim adanya penurunan harga bahan kebutuhan pokok masyarakat seiring turunnya harga BBM. Harga diklaim turun secara bertahap.

“Kalau harga sembako ikut langsung turun drastis sih tak mungkin. Karena apa? ini penurunan harga BBM kan masih dua hari berjalan. Sedangkan banyak distributor sembako yang barangnya saat ini ada dibeli dengan harga yang lama yakni harga sewaktu BBM masih Rp7600. Turun sih ada tapi ada juga yang masih sama belum mengalami penurunan harga,” ujar Kepala Disperindag dan ESDM Kota Batam, Amsakar dikantornya, Selasa (20/1) siang.

Amsakar menyebutkan harga barang yang mulai turun saat ini seperti kelompok bumbu-bumbuan baik cabe, bawang merah ataupun bawang putih. Tapi telur, ikan, daging justru naik harga.

“Selain ketersediaan stok yang minim, untuk mendatangkan komoditi seperti telur, daging kan dari luar daerah yang membutuhkan tranportasi laut. Karena kondisi cuaca lagi tak bagus gelombang laut tinggi, makanya pasokannya tersendat atau terlambat datang.  Itu yang membuat harga masih tinggi, tak bisa terpengaruh dengan penurunan harga BBM kan,” ujar Amsakar.

Namun Amsakar optimis, kedepan ada perubahan harga yang turun secara signifikan. (gas)

Respon Anda?

komentar