BATAM (BP) – Pembangunan jalan yang sangat mendesak tahun ini adalah pembangunan jalan dua arah Batuaji-Sekupang. Padatnya pengguna jalan di wilayah ini, membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri terus menggesa pembangunan jalan tersebut. Tahun ini, Pemprov menganggarkan Rp 25 miliar untuk pembukaan jalan tersebut. Di harapkan 2016 sudah bisa dilintasi kendaraan.

”Kalau total anggaran pembangunan jalan Batuaji-Sekupang itu Rp 60 miliar. Tahun ini kita menganggarkan Rp 25 miliar,” kata Heru Sukmoro, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kepri.

Heru mengatakan saat ini masih ada tiga kilometer lagi yang belum terbuka. Di mana nanti pengaspalannya akan dilakukan dengan dana anggaran pendapatan dan belanjanasional (APBN).

”Pengaspalan itu sangat besar biayanya. Makanya mungkin akan dari APBN,” katanya.

Menurut Heru, perbaikan dan perawatan jalan Batuaji-Sekupang akan dilakukan. Ia berharap pembukaan jalan tersebut segera selesai sehingga kemacetan akan berkurang. Demikian juga dengan angka kecelakaan karena jalan rusak akan semakin minim.

”Itu memang jalur padat, makanya kita prioritaskan pembukaan jalan dua arah tersebut,” jelasnya lagi.

Sebelumnya Pemprov juga sudah melakukan pembangunan jalan raya di sepanjang Simpang Perumahan Kurnia Djaja Alam (KDA), Batamcenter yang sudah dua tahun berjalan dengan anggaran mencapai Rp 33 miliar. Dimana anggaran di tahun 2013 sebesar Rp 18 miliar dan tahun 2014 lalu sebesar Rp 15 miliar. (ian)

Respon Anda?

komentar