Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin. Foto: Johannes/Batam Pos
Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin.
Foto: Johannes/Batam Pos

BATAM (BP) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dasar dan Menengah (Kemenbud Dikdasmen) telah menunjuk tiga sekolah di Batam untuk menggelar ujian nasional (UN) tahun ini dengan sistem online. Tiga sekolah yang ditunjuk itu, yakni SMP Negeri 6 Batam, SMA Negeri 3 Batam, dan SMA Negeri 1 Batam.

”Nanti saat ujian nasional, akan ada tiga sekolah mengikuti ujian nasional online. Sekolah-sekolah tersebut menjadi percontohan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin saat ditemui,Selasa (27/1).

Muslim mengaku hingga saat ini belum ada petunjuk yang jelas mengenai tata cara pelaksanaan ujian nasional online ini. ”Belum, belum ada juknis (petunjuk teknis, red) untuk pelaksanaan ujian tersebut. Namun sekolahnya sudah ditunjuk oleh kementerian,” ungkapnya.

Selain itu, kata Muslim, perangkat untuk pelaksanaan ujian nasional online tersebut, juga belum tahu pengadaanya seperti apa. Menurutnya, nanti alat-alat tersebut, diakomodasi oleh pihak kementerian, sedangkan Disdik hanya sebagai pengawas ujian saja.

Ujian nasional online ini, sambungnya, diklaim sangat banyak manfaatnya. Dimana dapat meminimalisir adanya tindakan kecurangan seperti contek mencontek dikalangan siswa, dan juga hasilnya dapat diketahui dengan cepat.

Terpisah, Kepala Sekolah SMAN 1 Batam, Chaidir mengklaim pihaknya telah siap menghadapi ujian nasional online tersebut. Jaringan internet di sekolah itu juga aman dan lancar. ”Insya Allah, kami sedikit memiliki pengalaman dalam ujian online ini,” ucapnya.

SMAN 1 Batam saat ini punya 120 unit komputer, sedangkan siswa kelas XII yang akan mengikuti ujian 260 orang. ”Kami belum dapat instruksi, apa memakai komputer yang ada atau pengadaanya dari pusat,” terangnya

Menurut Chaidir, secara lisan dia sudah mensosialisasikan program yang dicanangkan Kemenbud Dikdasmen kepada para guru. Sehingga guru-guru dapat menyiapkan diri. (cr3)

Respon Anda?

komentar