Kantor pelayanan umum (KPU) Bea dan Cukai (BC) Tipe B Batam berhasil menindak 184 kasus kepabeanan dan cukai sepanjang tahun 2014 lalu. Dari 184 kasus tersebut, sebanyak 124 kasus sudah diproses lebih lanjut sebagai barang dikuasi negara (BDN) atau barang milik negara (BMN).

Kabid Penindakan dan penyelidikan BC Batam Kunto Prasti dalam paparan kinerja kerja KPU BC Batam menjelaskan, perincian penindakan kasus kepabean itu terdiri dari beragam jenis.

Sebanyak 26 kasus ditindak lanjut dengan mengenakan sanksi administrasi atau denda, 124 kasus yang berhubungan dengan barang sudah dikuasi negara BDN atau BMN, 16 kasus penyelundupan Narkotika dilimpahkan ke instansi terkait, satu kasus mendapat rekomendasi audit, empat kasus di Re-ekspor, satu kasus diblokir, lima kasus dikenakan sanksi administrasi pemenuhan persyarat FTZ, satu kasus dikembalikan ke yang bersangkutan karena syarat perijinan dari instansi terpenuhi, tiga kasus dalam proses penyidikan serta tiga kasus lainnya masih dalam proses. (eja)

Respon Anda?

komentar