Walikota Batam, Ahmad Dahlan. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos
Walikota Batam, Ahmad Dahlan.
Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

SEKUPANG (BP) – Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan kelak Batam akan menjadi seperti Amerika. Menurutnya pendatang ke negeri Paman Sam itu kini tak ada lagi yang mengaku berasal dari Eropa. Sebagian besar sudah menyatakan diri sebagai orang Amerika, meski memiliki darah dari negara-negara di benua biru.

Menurut Dahlan, hal serupa saat ini sudah terjadi di Batam. Anak-anak yang lahir dan tumbuh besar di Batam pun langsung memproklamirkan diri sebagai ”anak Batam”, meski orangtuanya berasal dari berbagai daerah lain di Indonesia.

”Amerika itu kan koloninya Eropa. Walaupun orangtua Jerman, anaknya tetap mengaku orang Amerika. Batam juga akan seperti itu, bahkan sekarang sudah seperti itu. Artinya proses asimilasi dalam sebuah komunitas bangsa atau daerah, terjadi. Inilah proses sejarah,” tuturnya usai menjadi pembina apel upacara di SMA Negeri 1 Batam, Rabu (28/1).

Dahlan mengatakan posisi Batam ini juga seperti Selat Inggris dan Terusan Suez, karena berada di jalur pelayaran internasional. Jadi meskipun tidak memiliki sumber daya alam, tetap bisa berkembang perekonomiannya. Adapun yang menjadi fokus pembangunan Batam adalah sebagai daerah pengembangan industri, perdagangan, transhipment atau alih kapal, serta pariwisata.

”Banyak sektor lapangan kerja yang siap untuk digerakkan, untuk dimajukan anak-anak semua. Proses regenerasi di Batam harus terus dilakukan, melalui transfer teknologi, transfer pengetahuan. Oleh karena itu, harus rajin-rajin belajar,” pesan Dahlan.

Wako menjelaskan ada empat fungsi Kota Batam yang harus dipahami oleh generasi muda, yakni Kota Batam sebagai kota industri, perdagangan, alih kapal, dan pariwisata. Dahlan mengatakan posisi Batam ini juga seperti Selat Inggris dan Terusan Suez, karena berada di jalur pelayaran internasional.

Jadi meskipun tidak memiliki sumber daya alam, tapi semuanya dapat dilakukan apabila SDM-nya mumpuni dan memiliki kapasitas. ”Tidak harus menjadi PNS, guru,” ujarnya.

Usai apel pagi, Dahlan juga meninjau laboratorium multimedia di SMAN 1 Batam karena sekaloh ini menjadi pilot proyek pelaksnaan Ujian Nasional Online bersama dengan SMAN 3 dan SMPN 3 Batam, yang pelaksnaanya secara serentak se-Indonesia pada tahun 2016 nanti. (spt)

Respon Anda?

komentar