BATAM (BP) – Buah apel jenis Granny Smith dan Gala asal California, Amerika Serikat yang mengandung bakteri listeria monocytogene masih beredar di pasar-pasar buah di Batam. Untuk itu, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan langsung memerintahkan seluruh camat dan lurah untuk mengawasi peredaran apel yang berbahaya bagi kesehatan bayi dan ibu hamil tersebut.

Ia juga memerintahkan seluruh pedagang buah untuk tidak menjual apel asal negeri Paman Sam tersebut. ”Selaku kepala daerah, saya peintahkan seluruh pedagang dan penyalur untuk tidak menyalurkan serta menstop menjual apel jenis Granny Smith dan Gala kepada masyarakat,” ujarnya, Jumat (30/1).

Mantan Humas Otorita Batam (BP Batam) itu juga minta pihak karantina untuk menghentikan pemasukan apel dari negara manapun. Ini dikarenakan banyaknya apel impor yang beredar di Batam dan belum diketahui apakah aman untuk dikonsumsi atau tidak.

”Saya juga minta pihak karantina untuk menghentikan pemasukan apel dari negara manapun sampai ada hasil uji laboratorium di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) terkait apel-apel impor yang ada,” kata Dahlan.

Pemerintah Kota (Pemko) Batam, lanjut dia, sangat peduli dengan kesehatan masyarakat. Maka untuk memastikan aman tidaknya apel impor yang beredar saat ini, pihak Pemko telah mengirim seluruh sampel apel impor ke pihak BPOM.

”Kami sudah ambil sampel untuk diuji oleh BPOM, tapi belum ada hasilnya. Jadi kami minta distop dulu pemasukan apel dari negara manapun sampai ada hasil penelitian dari BPOM bermasalah tidaknya apel-apel impor tersebut,” imbuh pria kelahiran Batubesar, Nongsa 1954 ini. (she)

Respon Anda?

komentar