Jumat, 29 Maret 2024

Sat Nusapersada Batam Produksi Smartphone Paling Tangguh di Dunia

Berita Terkait

Smartphone Hisense Kingkong II saat ujicoba ketahanan dalam air dan suhu dingin. Foto: youtube
Smartphone Hisense Kingkong II saat ujicoba ketahanan dalam air dan suhu dingin. Foto: youtube

batampos.co.id – Hisense, perusahaan elektronik asal Cina makin memperkuat keberadaan mereka di pasar Indonesia.

Minggu (5/6/2016), Hisense meluncurkan produk unggulan mereka yang diberi nama Hisense Kingkong II di ajang Indonesia Cellular Show 2016 di Plenary Hall JCC, Jakarta.

Menariknya, di Indonesia, produksi smartphone ini dipercayakan kepada di PT Sat Nusapersada Tbk, Batam. PT Sat Nusapersada merupakan perusahaan electronic manufacturing services (EMS) terbaik di Indonesia.

Presiden Direktur PT Sat Nusapersada, Abidin, mengaku bangga dengan kepercayaan yang diberikan Hisense kepada perusahaan yang ia dirikan itu.

“Itu artinya perusahaan manufaktur di Batam levelnya sudah tinggi. Dipercaya perusahaan-perusahaan dunia,” ujarnya.

Hisense merupakan perusahaan kelima yang mempercayakan produksinya kepada Sat Nusapersada. Merek lain di antaranya adalah Vivo dan Asus.

Setiap bulan Sat Nusapersada memproduksi Hisense sebanyak 100 ribu unit, dan sudah berlangsung selama lebih kurang satu setengah tahun.

Kingkong II diklaim sebagai smartphone paling tangguh di dunia karena telah memiliki sertifikasi IP67 yang berarti tahan terhadap air, debu, dan bantingan.

Sales Director Hisense, Stanly Wijaya, mengungkapkan Kingkong II memiliki ketahanan di dalam rendaman air selama 30 menit dan tidak bisa ditembus oleh debu.

Namun untuk klaim “anti jatuh”, ia mengaku belum ada data mengenai seberapa besar maksimal tekanan agar smartphone tersebut tak pecah atau rusak.

Namun ia menyarankan agar tidak membanting smartphone tersebut dari ketinggian lebih dari satu meter.

“Kami telah menguji smartphone ini. Tapi untuk tahan jatuh, memang belum ada data mengenai seberapa besar tekanan yang aman. Tapi kami sarankan tidak lebih dari satu meter,” ungkap Stanly.

Hisense membekali Kingkong II dengan layar IPS HD berukuran 5 inci, prosesor quad-core, RAM 2GB, memori internal 16GB dan baterai 3.100 mAh. Smartphone dengan dukungan dual SIM ini memiliki kamera belakang 13MP dan kamera depan 5MP.

Sama seperti sejumlah smartphone lain, Kingkong II kompatibel dengan jaringan 4G LTE. Selain itu, smartphone ini memiliki konsep unibody. Hisense Kingkong II menggunakan sistem operasi (OS) Android 5.1 Lollipop.

Smartphone Hisense King Kong II. Foto: istimewah
Smartphone Hisense King Kong II. Foto: istimewah

Di pasaran, Kingkong II dibanderol Rp 2,7 juta. Untuk merayakan kehadirannya, Hisense akan memberikan voucher diskon untuk pembelian Hisense Kingkong II selama ICS 2016 digelar.

Rencana kehadiran Kingkong II sebelumnya telah diumumkan oleh President Director Hisense Indonesia Stephen Qu, pada bulan lalu. Ia berharap, kesadaran masyarakat terhadap merek Hisense di pasar smartphone akan meningkat seiring dengan peluncuran berbagai produk.

“Kami berencana meningkatkan awareness pengguna dengan dukungan servis dan ketersediaan produk, peningkatan kualitas, termasuk keunikan produk yang ditawarkan,” ujar Stephen.

Ayuni, Promotor Sales Hisense, menjelaskan, secara desain tampilan Kingkong II terlihat menarik dan gahar meninggalkan kesan elegan karena sudah waterproof (tahan air), tahan debu dan benturan.

Kameranya juga bagus dan untuk melindungi ponsel dari risiko tergores benda runcing, sisi depan dan belakang sudah dibalut dengan material kaca tangguh Gorilla Glass 3. Sedangkan sisi kanan dan kiri perangkat dilapisi dengan bahan full metal,” ungkap Ayuni.

Sementara agar tahan benturan ketika terjatuh, Hisense membungkus sisi atas dan bawah dengan karet bertekstur. Sehingga tahan terhadap benturan, air dan debu. (cr14/jpgrup)

Update