Rabu, 17 April 2024

Menlu: Satu WNI di Singapura Kena Zika, Batam Harus Waspada

Berita Terkait

Menlu Retno
Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi. Foto: dok.jpnn

batampos.co.id – Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi mengatakan Indonesia harus mewaspadai penyebaran virus zika yang kini mulai menyerang Singapura.

Bahkan kini  salah seorang warga negara Indonesia (WNI) yang berada di negara tersebut diduga tertular Virus Zika.

“Informasi ini to be confirm. Karena sekarang KBRI kita di Singapura sedang bekerja mendapatkan informasi mengenai adanya satu WNI yang juga terjangkit Zika,” ungkap Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (31/8)

Hingga kini, Kemenlu masih menunggu konfirmasi dari otoritas Singapura terkait informasi tersebut. Kendati demikian, Retno mengaku tadi pagi sudah berkomunikasi langsung dengan Kementerian Kesehatan terkait hal ini.

“Kemenkes akan segera mengeluarkan health advisory terkait dengan kasus Zika,” tegasnya.

Retno mengaku, sejak mendapat laporan kasus Zika muncul di Singapura, pihaknya mengintensifkan koordinasi dengan Kemenkes dan Kemenkumham.

Kesimpulan yang didapatkan, kewaspadaan perlu ditingkatkan terutama di daerah titik masuk Indonesia, seperti bandara atau pelabuhan laut.

“Pengawasan ini kewenangan Kemenkes dan Kemenkumham. Karena titik masuk ke Indonesia tidak hanya di Jakarta tapi di beberapa titik lain misal di Batam,”  pungkas Retno. (jpg)

Update